Bupati Hariyanto Bersama TNI Dan Polri Ikut Berbagi Ta’jil

Untitled-1PATI-BN,  “Menyapa bangsa di taman hati”, demikian yang di ungkapkan salah satu tokoh toleransi dan damai Kabupaten Pati Edi Kubota, dalam acara pembagian makanan takjil untuk buka puasa di jalan pemuda kota Pati, Minggu (12/06/2016).

Acara yang diselenggarakan oleh Kelompok Gusdurian, TNI dan POLRI ini bertujuan untuk saling berbagi dalam menjalin kerukunan antar umat beragama.

Kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Pati sangat menarik, budaya toleransi dan damai benar-benar terasa disetiap sisi kehidupan di Kabupaten Pati. Hal ini tetbukti disaat setiap ada kegiatan sosial dan kemanusiaan. Semua Tokoh panutan baik dari Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu lepas dari berbagai kepentingan yang sifatnya pribadi maupun kelompok. Yang ada hanya satu, saling membahu untuk suatu tujuan yaitu toleransi yang damai.

Suatu misal kegiatan pembagian takjil tadi sore, semua tokoh lintas agama hadir baik dari agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu. Mereka saling membahu, saling bersama-sama untuk berbagi kepada pemakai jalan yang sedang lewat. Hilang semua perbedaan, yang ada hanya kebersamaan saling berbagi.

Kerukunan dan kebersamaan lebih terasa disaat Bupati Pati, Dandim Pati, Kapolres Pati bercampur dengan berbagai komunitas dan tokoh lintas Agama, bersama-sama membagi makanan takjil,langsung kepada pengendara motor maupun mobil yang sedang lewat, Bapak bupati pun gak kalah gesit dalam memberikan setiap kantong plastik yang berisi makanan takjil untuk buka puasa. Dengan sapaan hangat tak lepas dari senyum, Bupati Pati Haryanto dengan semangat membagikan takjil kepada warganya. Bahkan, banyak warga yang sengaja berhenti hanya sekedar minta foto bersama Bupati.

Menurut tokoh Toleransi dan Damai Kabupaten Edi Kubota. Bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan supaya kerukunan antara umat beragama di Kabupaten Pati senantiasa terjaga dengan baik, ini juga merupakan bukti tanggung jawab moral sebagai umat beragama untuk saling menghormati, memberikan kepada sesama umat. Karena semua umat dihadapan Tuhan adalah sama.

“Kegiatan ini akan saya laksanakan setiap hari Minggu selama Bulan Ramadhan, dan kegiatan ini didukung dari saudara-saudara, baik dari lintas tokoh agama, dari Polres Pati yang diwakili Kapolres. Dan rencana dalam satu minggu akan kami bagi kepada pengguna jalan sekitar tiga ribuan bungkus takjil untuk berbuka puasa,” demikian jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Pati Haryanto. “Saya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Edi yang telah mengadakan kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa memberikan contoh kepada umat yang lain, walaupun Pak Edi Bukan umat muslim. Inilah contoh kebersamaan yang harus di jaga, yaitu untuk saling menghargai, dan hal ini juga tidak hanya dilakukan selama bulan puasa, tetapi sering dilakukuan kepada pondok-pondok pesantren di sekitar Kabupaten Pati,” Pungkasnya. (Indro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *