BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Sat Narkoba Polres Mimika Bekuk Oknum Anggota Tni Dan Polri Usai Pesta Shabu

Paur Narkoba, Iptu L. Kordiali sedang menangkap Mus Dengan BB sabu
Paur Narkoba, Iptu L. Kordiali sedang menangkap Mus Dengan BB sabu

Timika-BN,   Kepolisian Resort Mimika melalui satuan narkoba berhasil membekuk 8 orang warga desa Inauga Distrik Mimika Baru kota Timika Papua, karena kedapatan mengkomsumsi Narkotika jenis sabu secara bersama-sama.

Ironisnya dua di antara delapan orang tersebut merupakan oknum aparat anggota TNI berpangkat Sertu yang berinisial RS yang bertugas di Makodim 1710 Mimika serta oknum anggota Polri berpangkat Aiptu dengan inisial JK yang bertugas di Kepolisian Daerah Papua (Polres Mimika).

Hasil penangkapan yang dilakukan oleh Satnarkoba tersebut di pimpin langsung oleh Kasat Narkoba Polres Mimika, AKP. Najamudin bersama Paurbinops Satnarkoba Iptu L Kordiali serta dibantu oleh personil Sabhara pada, Selasa (12/4/2016) pukul 16.00 WIT.

Berawal dari tertangkapnya dua orang warga jalan Sam Ratulangi yaitu seorang ibu rumah tangga serta seorang Lelaki yang di curigai sebagai kurir sabu sekaligus pemakai barang haram tersebut.

Dari keterangan yang di peroleh tersangka Mus Satnarkoba pun membekuk serta menangkap seorang  di lokasi kedua yang di ketahui sebagai Slamet di kampung Timika Jaya Sp 2 dengan beberapa paket barang bukti Narkotika jenis Sabu sebanyak 6,5 Gram yang siap di edarkan, kemudian petugas pun membawa Slamet dan Mus beserta barang bukti Sabu tersebut ke Mapolres Mimika.

Berdasarkan hasil pengembangan yang di lakukan oleh petugas Satnarkoba Polres Mimika terhadap tersangka Slamet serta Mus petugas pun memperoleh informasi terkait pelaku lainnya yang diduga sebagai bandar sabu sekaligus pengedar maupun pengguna barang haram tersebut sehingga petugas Satnarkoba yang di bantu oleh personil Sabhara pun mendatangi serta melakukan penggrebekan terhadap lokasi yang dimaksudkan.

Dilokasi yang ke tiga  yaitu di sekitar perumahan dinas belakang kantor Samsat desa Inauga Sempan Distrik Mimika baru kota Timika Papua, petugas pun menangkap serta membekuk lima orang satu diantaranya seorang ibu rumah tangga serta dua orang di ketahui satu sebagai anggota TNI dan satunya lagi sebagai anggota polisi yang mana keduanya masih aktif dan bertugas di kesatuan masing-masing di kota Timika dari dalam sebuah gubuk yang diduga sebagai tempat untuk pesta Narkoba.

Dari hasil penggerebegan Petugas Satnarkoba menemukan dua alat hisap atau bong serta beberapa plastik bening berukuran kecil yang diduga sebagai pembungkus Sabu yang baru saja di gunakan oleh kelima orang tersebut bahkan saat digiring kelima orang tersebut kondisinya masih terpengaruh oleh sabu yang dikonsumsinya.

Empat orang terduga pelaku langsung di bawa dan di amankan ke kantor pelayanan Polres Mimika untuk diambil keterangannya terkait penemuan barang bukti serta peredaran Narkoba yang beredar di kota Timika, sedangkan oknum anggota TNI dari Kodim 1710 Mimika yang ditemukan di lokasi kejadian, di bawa oleh petugas dari Subden POM Timika yang di pimpin oleh Komandan POM, Kapten CPM. Ferdinand Rahman.

Anggota Subden POM Mimika sedang mengamankan oknum anggota TNI yang terlibat pesta sabu
Anggota Subden POM Mimika sedang mengamankan oknum anggota TNI yang terlibat pesta sabu

Keterangan sementara yang di sampaikan oleh Subden POM  kepada awak media saat di tanyai terkait keterlibatan anggota TNI tersebut bahwa yang bersangkutan akan di periksa dahulu terkait keterlibatannya dalam penggunaan maupun peredaran Narkoba.

“Kita lakukan pemeriksaan dulu ya,”ujar Ferdinand singkat.

Sementara itu Kapolres Mimika, AKBP. Yustanto Mujiharso bersama Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Andi Kusworo, saat di konfirmasi pada saat itu membenarkan adanya penggrebekan dan penangkapan terhadap oknum anggota Polisi dan TNI.  Namun, menurut keterangan dua petinggi  polri dan TNI tersebut bahwa yang bersangkutan sementara akan di periksa terlebih dahulu.

Selain itu Dandim mengatakan bahwa, jika benar oknum anggota TNI yang di tangkap ternyata positif telah menggunakan Narkoba dan juga terlibat dalam peredaran Narkoba di Timika, maka yang bersangkutan akan ditindak secara tegas sesuai aturan dengan pemberian Sanksi.

”Jadi saya belum bisa memberikan konfimasi,  yang jelas saya akan tindak apabila terbukti begitu,”kata Dandim.

Sementara Kapolres mengatakan bahwa, dirinya belum memperoleh data secara jelas terkait pengungkapan ini,dan saat ini juga pengembangan dan pengembangan masih terus di lakukan untuk memburu pelaku lainnya. (SMM/tim Papua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *