Pelabuhan Tikus di Kepri 132 Titik

TanjungPinang-(BN),  Sekitar 132 titik pelabuhan tikus berada di wilayah Kepri. Pelabuhan tidak resmi atau ilegal itu rawan, dijadikan sebagai tempat masuknya narkoba dari jalur laut. Pelabuhan tikus di kawasan Bintan serta Tanjungpinang dicap paling rawan.

Hal tersebut dikarenakan, posisi pulau Bintan sangat dekat dengan Malaysia. Berdasarkan data Polair Batam, di Kabupaten Bintan terdapat sekitar 60 lokasi pelabuhan tikus.

Brigjen Pol Sam Budigusdian
Brigjen Pol Sam Budigusdian

Terbatasnya kemampuan armada untuk mengawasi 132 pelabuhan tikus tersebut, Polda Kepri berkoordinasi dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri, untuk mengawasi peredaran narkoba. Selain itu unsur Polres, Polsek, serta Babinkamtibmas berperan penting dalam mengawasi narkoba, di daratan.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan, Kepri sangat terbuka dan banyak celah untuk memasukkan barang haram tersebut. Sam memerintahkan jajarannya agar memantau secara ketat, setiap aktivitas di pelabuhan tikus.

Data yang masuk dari lapangan para penyelundup juga membawa narkoba dalam jumlah besar. Biasanya di bawah tumpukan barang, yang diangkut kapal tersebut.

Daerah kita terdiri dari banyak pulau-pulau. Jalur laut merupakan peluang utama bagi pemasok narkoba, antarlintas negara. Seperti negara Malaysia, yang sangat dekat dengan Tanjungberakit, Kabupaten Bintan. Kita tidak tahu, kalau ada kapal bongkar muat sayur, tetapi mereka juga bawa narkoba,” tegas Sam, baru-baru ini.

Kapolres Bintan AKBP C Wisnu Adji Pamungkas SIKmenyampaikan, untuk pengawasan pelabuhan tikus di Bintan, ia telah memerintahkan jajarannya, terus lakukan pemantauan. Selain itu, peran masyarakat juga diharapkan turut membantu pihak kepolisian, dalam memberikan informasi.

Peran masyarakat sangat besar, untuk mengungkap dugaan masuknya narkoba dari pelabuhan tikus, dari informasi mereka. Selain itu kita juga berkoordinasi dengan instansi lainnya, seperi BNN,” ujar Wisnu.

Direktur Kepolisian Perairan Plda Kepri Kombes Pol Hero Henrianto Bachtiar menyampaikan, pihaknya masih kekurangan armada. Yang ada sekarang, hanya ada 16 armada. Armada tersebut akan dimaksimalkan, dengan bantuan masing-masing satuan polisi perairan di tingkat Polres.

” Satu telah kita tugaskan di kawasan Berakit dan sekitarnya.  Kita juga berkoordinasi dengan teman-teman Bea dan Cukai, serta TNI AL untuk bersama-sama mengawasinya,”ungkap Hero. (Hs/rahmad)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

One Thought to “Pelabuhan Tikus di Kepri 132 Titik”

  1. admira

    Tuntaskan jgn dibiarkan

Leave a Comment