BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Jasa Raharja dan Polda Sulteng Sosialisasi Keselamatan Berkendaraan

polda-jasaraharjaPalu- BN, PT Jasa Raharja dan jajaran Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Tengah turun ke jalan membagikan brosur berisi imbauan dan pengetahuan tentang keselamatan berkendara.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah, Suratno mengatakan, sosialisasi ini sebagai upaya menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di daerah ini.

“Kita prihatin dengan kecelakaan lalu lintas di jalan yang tinggi. Sehingga perlu penyadaran kepada masyarakat salah satunya melalui sosialisasi ini,” kata Suratno saat ditemui di Ruangan Kerja, Selasa (26/6/2016).

Dia mengatakan, sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan ini rutin digelar PT Jasa Raharja bersama Polri.  Menurutnya, dengan sosialisasi secara masif maka tingkat kesadaran masyarakat terhadap keselamatan belalulintas diharapkan akan semakin baik.

“Agar masyarakat dalam menggunakan kendaraan tidak mengabaikan sopan santun berlalulintas dan mengutamakan keselamatan,” katanya.

Kepala Subdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Ditlantas Polda Sulawesi Tengah Kompol A Zamzani yang turut dalam kegiatan tersebut mengatakan, masyarakat perlu terus diberikan pengetahuan tentang keselamatan berlalulintas. Pihaknya juga terus sosialisasikan bukan hanya kepada pengguna jalan, namun juga kepada pelajar di sekolah.

“Bahkan anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) juga sudah kami kenalkan tentang berlalulintas. Sejak dini kita ajarkan supaya nanti setelah dewasa sudah tertanam kesadaran dan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Zamzani.

Adapun sosialisasi yang digelar PT Jasa Raharja bersama Polda Sulteng di persimpangan Jalan Jend Sudirman-Jalan Haji Hayun, Palu mulai pukul 07.00 sampai 09.00 Wita. Tampak puluhan karyawan PT Jasa Raharja Cabang Sulteng dan Polwan Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng membagikan brosur. Selain itu, juga dibagikan majalah Jasa Raharja yang berisi berbagai informasi penting tentang Jasa Raharja.

Penanggung Jawab Pelayanan dan Humas PT Jasa Raharja Cabang Palu Moh Afandi Lawido menambahkan, selain turun ke jalan pihaknya bekerja sama dengan sejumlah instansi lain juga menyosialisasikan keselamatan berlalu lintas ke sekolah-sekolah.

Dia mengatakan, hal yang juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat adalah tentang perlindungan terhadap korban kecelakaan lalu lintas. Sebagai BUMN yang diamanatkan melaksanakan UU Nomor 33 dan UU Nomor 34 tahun 1964, Jasa Raharja memberikan perlindungan dasar bagi setiap korban kecelakaan lalu lintas jalan dan angkutan penumpang umum baik di darat, laut dan udara.

Setiap korban kecelakaan yang terjamin UU apabila meninggal dunia maka ahli waris korban berhak mendapat santunan sebesar Rp 25 Juta. Jika korban mengalami luka luka maka berhak mendapat penggantian biaya rawatan maksimal sebesar Rp 10 Juta. Dan jika mengalami cacat tetap maka akan diberikan santunan catat tetap maksimal sebesar Rp 25 Juta. Adapun dalam pengurusan santuan pada PT. Jasa Raharja (persero) tidak dipungut biaya apapun juga.(ags/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *