Pembangunan Bandara Radin Inten 2 Lampung Selatan Sudah Dimulai Sejak Januari Lalu

Lahan Parkir
Lahan Parkir

Lampung-BN, Bandara Radin Inten 2 Lampung Selatan yang rencananya akan dijadikan Bandara embarkasi haji penuh oleh gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, saat ini pembangunannya telah dimulai, karena target dari pekerjaan ini harus selesai pada akhir tahun 2016 ini.

Seperti yang dipaparkan Humas Bandara Radin Inten 2, Wahyu Aria Sakti, Pembangunan ini dilaksanakan oleh PT. Pembangunan Perumahan (PP) sebagai perusahaan pemenang tender.

“ Pembangunan yang dilaksanakan saat ini adalah perpanjangan landasan pacu dari 2.500 M menjadi 3.000 M, Pembangunan terminal dan tempat parkir,”jelas Wahyu panggilan akrabnya kepada Berita Investigasi Nasional, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Lebih jauh Wahyu memaparkan bahwa pembangunan Bandara Radin Inten 2 ini menggunakan alokasi dana dari APBN, dimana besaran anggarannya sekitar Rp 98 M, hanya untuk pembangunan Terminal Bandara dan pembangunan ruang parkir, dimana pembangunan ruang parkir direncanakan sebanyak 5 lantai yang dapat menampung sekitar 1.000 kendaraan, kalau kondisi lahan parkir yang ada sekarang ini hanya dapat menampung sekitar 200 sampai 250 kendaraan.

Untuk dapat menjadi Bandara Embarkasi Haji Penuh ini bukan wewenang Bandara, yang pasti dari pihak Bandara menargetkan seluruh pekerjaan pembangunan harus sudah selesai pada akhir Desember Tahun 2016 ini, sehingga pada Januari 2017 Bandara Radin Inten 2 sudah siap untuk disinggahi pesawat berbadan lebar. Selain itu jemaah haji yang berangkat dari Bandara ini tidak perlu transit lagi di Jakarta, tapi bisa langsung sampai ke Jeddah.

Dengan di bongkarnya selasar, yaitu gedung senilai Rp 1M di Bandara ini, yang dijadikan lahan parkir, maka ruang parkir yang tadinya sempit dan semrawut, dimana para penjemput memarkirkan kendaraannya sampai mengambil badan jalan umum, namun saat ini dengan tersedianya lahan parkir yang cukup luas ini, kendaraan yang parkir terlihat jauh tertata lebih rapi.

Dengan dilakukannya pembangunan bandara seperti ini, tentunya ke depannya mempunyai dampak yang sangat positif, yakni dengan masuknya wisatawan Ke Lampung untuk menikmati berbagai objek wisata Lampung yang cukup dikenal kemancanegara sudah lebih mudah dari sebelumnya.

Apalagi bila Bandara Radin Inten 2 ini sudah menjadi Bandara internasional, tentunya banyak wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Lampung, untuk menikmati berbagai keindahan alam yang ada di provinsi ini, tinggal sejauhmana kesiapan dinas pariwisata Lampung dalam mempersiapkan objek yang ada dengan berbagai fasilitasnya, sehingga ke depannya benar benar layak dinikmati oleh wisatawan baik mancanegara maupun nusantara,”Tambah Wahyu dengan nada penuh keyakinan akan prospek Bandara Radin Inten 2 ini. (Sutarman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *