Sebenarnya, Kepala Sekolah Sebagai Pejabat Formal

Jakarta, BN – Kepala Sekolah sebagai pejabat formal, manajer, pimpinan, pendidik, memerlukan persyaratan universal. Persyaratan yang bersifat universal tersebut meliputi keahlian atau kemampuan dasar, sifat atau watak, edangkan persyaratan khusus yang diperlukan adalah berbagai macam kemampuan seperti penguasaan terhadap tugas dan ketrampilan profesional serta pelatihan dan pengalaman profesional, kompetensi administrasi dan pengawasan. Kualitas kepemimpinan Kepala Sekolah selalu ditekankan pada 3 (tiga) kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh Kepala Sekolah, yaitu Conceptual skills, Human skills, dan technical skills.
Niyata Sirat, S.Pd, dari uraian di atas menyimpulkan bahwa seorang Kepala Sekolah memiliki peran yang penting dan sangat strategis di lembaga pendidikan yang dipimpinnya, selain itu Seorang Kepala Sekolah memiliki 5 (lima) kompetensi yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, dan kompetensi social.
Menurutnya, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya seorang Kepala Sekolah harus mampu menjadi inspirator bagi guru, staf dan karyawan lainnya, dengan meyadari tugas dan tanggungjawabnya sebagai pimpinan ( leader ) seorang Kepala Sekolah diharapkan mampu memotivasi kinerja seluruh guru dan karyawan sehingga diharapkan terciptanya situasi dan kondisi sekolah yang kondusif dalam upaya mencapai kualitas pendidikan yang sesuai dengan harapan serta kerjasama dengan segenap staekholder sangat diperlukan demi terciptanya sekolah yang kondusif.
Inspirasi bisa datang dari seorang inspirator. Inspirasi dapat pula berasal dari diri sendiri untuk mempengaruhi orang lain, maupun kesadaran untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang pimpinan. Jadilah Kepala Sekolah yang mampu menjadi inspirator bagi semua warga sekolah. Ciptakan lembaga pendidikan sebagai wahana yang kondusif untuk mencapai tujuan pendidkan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa tumpuan harapan di masa depan. (daeng)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment