Bupati Cirebon Akan Berkunjung Ke Lithuania

bupati cirebonCirebon (Jabar), BN – Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra, SE, MM beserta rombongan rencananya akan berkunjung ke Lihuania pada hari Senin (14/02/2014) sebagai balasan atas undangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lithuania bersama perwakilan negara tersebut beberapa waktu lalu. Hal tersebut disampaikan Kabag Humas Pemda Cirebon, Iwam, dalam jumpa persnya dengan wartawan di Cirebon, Rabu (10/02) di ruang rapat dalam ruang Bupati.

“Sebagaimana atas keinginan Bupati Cirebon yang ingin media sebagai mitra kerja Pemerintah dalam melakukan pemberitaan yang positip ingin mempromosikan Kabupaten Cirebon serta pengembangannya di potensi-potensi unggulan Kabupaten Cirebon,” kata Iwan.

Menurutnya, ini suatu kesempatan adanya kepercayaan negara lain untuk menjalin kerjasama bisnis dan pengembangan produk yang saat ini dari Pabrik Solitek, Proyek yang akan dikembangkan Energi Solar di Cirebon.

“Serta pengembangan bisnis UKM karena Kabupaten Cirebon mempunyai Potensi Potensi unggulan beragam yang akan merambah pangsa pasar sampai kesana, selanjutnya akan terus melakukan pengembangan wira usaha lain dan pembangunan industri di Wilayah Kabupaten ini, dalam penataan kawasan, dan yang sudah di antaranya Batik Cirebon ini sudah tembus ke pasaran Internasional dan Nasional sentra di sekitar Trusmi Plered diandalkan ada produksi Kerang Multi Dimensi di Tengah Tani, sebagai Heritage Budayanya Kerajinan Topeng dan Rotan yang sudah berjalan di daerah Plumbon (barat Cirebon) dan sedang terus digenjot pasarannya, Pabrik Semen Palimanan yang telah produksi bagus ini telah banyak menyerap tenaga kerja merekrut masyarakat di Kabupaten Cirebon. Tidak hanya itu, ada buah-buahan yakni Buah Mangga Gedong Ginzu yang cukup menjanjikan sedang dibudidayakan,” papar Iwan, Kabag Humas.

Dijelaskannya, Bupati dalam lawatannya ke Lithuania untuk menggandeng para Investor sana dan dan menjalin kerjasama pemerintahan sebagaimana yang telah dilakukan awal dengan kunjungan hubungan bilateral dua Negara dan saat berkunjung ke Cirebon. Bupati menawarkan kerjasama akan mengajak investor untuk berinvestasi di Kabupaten Cirebon yang saling menguntungkan nantinya. Hal ini melihat Kabupaten Cirebon ini luas dan wilayahnya strategis juga sebagai pintu gerbang perbatasan.

“Aksesnya dekat kemana-mana sebagai pintu gerbang, dekat ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dekat ke Jakarta. Tidak akan lama dan ke Propinsi Jawa Baratnya, ditambah di Cirebon sedang digarap Bandara Internasional Majalengka, ada Akses kemudahan, juga ada jalan tol bisa dilalui.

Menurut bupati, kemudahan yang ada di Cirebon sudah bisa digunakan untuk mempersingkat waktu perjalanan, maka tinggal pemanfaatan lahan digarap, dibangun dan menghasilkan serta dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

“Tentunya ini ada proses panjang namun itu akan di wujudkan dan saya akan terus tawarkan kerjasama dengan para investor untuk membangun di daerah Kabupaten Cirebon yang menjanjikan ini bersama-sama,” menurut Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra dampingi perwakilan dari Lithuania Asean Business Council dan Komisaris Pabrik Solitek untuk pengembangan energy solar di Cirebon.

Bupati juga mengatakan, ingin mengembangkan Wilayah Kabupaten Cirebon ini menjadi kawasan yang menjanjikan dan dapat mengangkat Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Cirebon dalam perolehan UMR dimana akan ada sentra-sentra usaha dan industri di hidupkan. Karena Kabupaten di jadikan Pilot Project, yang akan dapat nantinya mensuplai kebutuhan baik untuk di Kabupaten Cirebon maupun ke yang lainnya, Khusus Energi Solar ini.

“Bila telah dikembangkan di sini, khususnya pengembangan difokuskan di wilayah timur Cirebon ada 4 paket dan baratnya rencana 2 paket pembangunan industri kembali, masih ada lahan,” terangnya. (Rico)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment