Duh, Sulitnya Cairkan Dana Jamsostek Ketenagakerjaan di Cirebon

jamsostek ketenagakerjaan cirebonCirebon, BN – Kejadian yang mengesalkan dan membuat masyarakat yang akan Klaim dana JAMSOSTEK merasa kecewa untuk mengambil haknya yang telah lama tersimpan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, tak bisa diambil secepatnya lantaran aturan yang ditetapkan berubah-ubah.

Menurut keterangan beberapa nara sumber yang bisa dipercaya, kepada awak media BINPERS mengungkapkan, awal pengumuman sebelumnya 5 tahun dari kita daftar datang ke kantor JAMSOSTEK baru bisa diambil kemudian aturan itu berubah menjadi diberikan nomor antrian dan nunggu hingga 3-4 bulan ke depan, tapi kemarin sempat berubah lagi bisa klaim jamsostek satu hari di urus langsung cair.

“Ini yang membuat angin segar mereka berdatangan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang berada di jalan Evakuasi – Kota Cirebon, mereka sudah antri lama sejak pagi datang bahkan ada beberapa dari luar Cirebon menunggu antrian dipanggil untuk klaim dana JAMSOSTEK di hari akhir tahun 2015 di bulan Desember.” Katanya

Anehnya, lanjut dia, begitu banyak yang mendengar dan tahu tiba-tiba tanpa memberi tahu lagi aturan yang ditetapkan berubah lagi setelah 2 hari diberlakukan “ klaim bisa hari itu cair ”, yang akan ambil Dana JAMSOSTEK di Kantor BPJS Ketenagakerjaan yang di kantor Cirebon ternyata berubah lagi menjadi diberikan nomor antrian dan harus menunggu hingga 3-4 bulan, ini pun sempat diprotes dari yang akan klaim jamsostek diberlakukan, sebelumnya tidak ada pemberitahuan.

“Perubahan satu hari itu bisa di airkan tidak lagi bisa,” ungkapnya. Lalu, kata dia, diterapkan lagi aturan yang dibuat jadi membingungkan dan sempat diprotes oleh orang orang yang dari tadi sudah nunggu dan antri, saat itu dikira bisa klaim dana JAMSOSTEK.

“Berarti Hanya pada 2 hari pada tanggal 28 hingga 29 Desember 2015 saja , klaim bisa dilakukan pada di hari itu saja dengan alasan ini kebijakan pimpinan .” jelasannya

Sebagaimana yang disesalkan maman dan Eti dari Majalengka, mereka jauh-jauh datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, pagi mereka berangkat dari rumah agar bisa dapat datang pagi dan tidak antri lama. Namun setelah tiba di Kantor BPJS JAMSOSTEK Cirebon aturan itu ternyata telah berubah lagi.

”Tutur mereka tiak bisa dicairkan sekarang,” menurut Eti.

Begitu juga yang dikatakan Nining Juhana Eks Karyawan RAMAYANA CIREBON yang pada tanggal 28 Desember datang kesana selang satu hari sebelumnya, menanyakan apa saja yang harus dilampirkan dalam pegajuan untuk cairkan dana JAMSOSTEK menanyakan pada Security yang berada di depan dimana untuk pendaftaran diberlakukan, ia mendapat penjelasan dari pihak JAMSOSTEK / BPJS Ketenagakerjaan lewat Security katanya bisa saat ini dicairkan asal persyaratan sudah benar dan lengkap seperti dijelaskan di spanduk.

“Tinggal ajukan, karena ada kebijakan diberlakukan bisa klaim dana jamsostek segera pada hari itu dicairkan, tahunya pas besok datang ke Kantor itu kembali sambil membawa persyaatan yang di maksud, ternyata aturannya dirubah lagi memakai nomor antrian dan harus menunggu hingga 3-4 bulan. Alasannya peminat membludak,” ungkap Nining yang juga mengetahui ada beberapa saat itu yang sudah bisa dicairkan

Lantaran tidak ada sosialisasi atau pemberitahuan sebelumnya bahwa ada perubahan kembali aturan dengan menggunakan nomor antrian dan harus menunngu sekitar 3 – 4 bulan itu berdasar dari nomor antri pendaftaran melalui SECURITY yang jaga, mereka yang akan klaim hari itu harus kecewa.

Pantauan awak media, bahkan ada sedikit perdebatan antara warga yang akan mencairkan saat itu dengan security dan mengajukan protes ke salah satu pegawai di dalam diterima seorang pria, dimana menurut pegawai pria itu memberi penjelasan, “ tidak diberlakukan lagi antrian dengan nomor Pa, dan harus menunggu lama kalau masih begitu, silahkan buka website kami ajukan klaim, akan dapat tanggapan”.

Setelah mendapat penjelasan dari karyawan pria tersebut, bahwa itu (aturan) tidak diberlakukan lagi, jelas yang berada di dalam di meja pertama dari tempat klaim dana jamsostek, bahwa mengenai nomor antrian itu sudah tidak diberlakukan atau dihilangkan. “Asal persyaratan lengkap tidak ada masalah, kami tidak mempersulit untuk cairkan dana Jamsosek,” katanya kembali.

“Tolong pada Pemerintah untuk evaluasi lagi aturan dan kinerja Pegawai BPJS Ketenagakerjaan ini buat bingung semua. Yang berarti mempermainkan, padahal mereka yang sudah berdatangan sejak pagi. Antrian panjang dan di dalam ruangan penuh saat itu berharap dapat dicairkan di hari Selasa (29/12 ), Rabu dan Kamis pada akhir tahun 2015 kemarin saja yang ternyata diberlakukan bisa dicairkan lansung,” ujarnya.

Aturan yang ditetapkan oleh BPJS Ketegakerjaan yang berubah-ubah ini berpotensi merugikan banyak orang, padahal mereka antri bukan untuk menerima dana bantuan tunai langsung dari Pemerintah tapi mengambil uang mereka yang digolang selama itu oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan sebutan DANA JAMSOSTEK. Dengan mereka semakin lama mengendapkan dana itu disana ada dugaan untuk mencari keuntungan sepihak dari pihak Pengelola dana JAMSOSTEK, ini perlu diusut !!! ( RICO – TIM INVESTIGASI )

Editor Media binpers.com

Berita terkait

5 Thoughts to “Duh, Sulitnya Cairkan Dana Jamsostek Ketenagakerjaan di Cirebon”

  1. Lusi liadianti

    Jamsostek atas nama rasnandi dr taun 2010 mau d ambil bisa ga yah

  2. Anton Subandi

    selamat siang…

    bpjs atas nama : Anton Subandi
    dari pt. Wahyu porwo sejahtera
    no kpj : 14009222614
    tlong masih bisa d cair kan tidak…

  3. cara klaim dana jaminan ketenagakerjaan bisa cair langsung tidak?

    1. Tommy

      Satu minggu cairnya

  4. kami akan klaim jaminan BPJS Ketenagakerjaan a/n Sri luwar Nik 0319017905 mohon di bantu.terima kasih

Leave a Comment