BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Panwaslu “Pelototi” Bansos Sebagai Kampanye Pilkada

bansos pilkadaBANGGAI-BIN, Ketua Panwaslu Kabupaten Banggai, Alwin Palalo mulai “mempelototi” dugaan penyalahgunaan dana Bantuan Sosial ( BANSOS ), untuk itu Panwaslu melakukan Koordinasi dengan DPRD Banggai agar dapat mengantongi seluruh data penggunaan Bansos anggaran tahun 2015 ini.

“‘Salah satu bentuk keseriusan kami adalah Koordinasi dengan DPRD Banggai, dengan begitu kami tidak jalan buta melainkan sesuai data yang dikantongi ,” ungkap Alwin, Selasa ( 23/09 ).

Alwin pun menegaskan bahwa dengan begitu efektifitas kerja panitia pengawas lebih terkontrol dan terkoordinasi dalam mencegah atau meminimalisir segala bentuk penyalahgunaan Bansos yang dikhawatirkan akan digunakan untuk kepentingan pribadi terutama pilkada tahun ini.

Alokasi bantuan Bansos senilai Rp 18 Milyar memang terus menjadi perhatian publik masyarakat yang tak hanya ramai diperdebatkan di Media Sosial, namun juga menuai sorotan dari Kalangan Kampus.

Salah satu Akademisi, Abdul Ukas, menduga bantuan hibah yang tersebar dibeberapa Dinas SKPD itu tidak jelas penerimanya. “DPRD dengan fungsinya sebagai Pengawas harus bekerja keras, tegas dan tidak bisa tinggal diam ,” katanya.

Menurutnya lagi, DPRD harus meningkatkan pengawasan karena Dana Bansos rawan diselewengkan terutama menjelang Pelaksanaan Pemilukada. “Jangan sampai disalahgunakan untuk Kepentingan Pilkada, sebab mestinya Pertarungan Politik adalah Pertarungan Konsep bukan Uang ,” ujarnya.

Ukas meminta DPRD, Kejaksaan, Kepolisian Kabupaten dan Propinsi mencari tahu kemana aliran dana Bansos disalurkan. Harus diketahui berapa anggaran dana bansos disetiap Satker, siapa penerimanya, Apa memenuhi syarat atau tidak..!! (AGS Sulteng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *