Gambaran Kondisi NKRI Di Beranda Terdepan, Daerah Perbatasan Butuh Perhatian Tanpa Batas

tapal batas Nunukan-BN, Daerah perbatasan, khususnya wilayah pedalaman seperti, Sebuku, Sembakung, Sembakung Atulai, Lumbis, Lumbis Ogong, Tulin Onsoi, Krayan dan Krayan Selatan, butuh perhatian khusus bukan saja dari pemerintah daerah, tapi juga harus ada dukungan dari pemerintah pusat.

Daerah–daerah tersebut berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, tetapi keadaannya sangatlah memprihatinkan baik dari segi infrastruktur maupun sarana dan prasarana, masih jauh ketinggalan dengan daerah lain, apalagi dibandingkan dengan wilayah perbatasan Negara tetangga.

Anggota Komisi II DPRD Nunukan, Kalimantan Utara, Ramli, mengatakan jika kondisinya serba terbatas, bagaimana masyarakat bisa menggapai kesejahteraan. Roda perekonomian tidak akan berjalan dengan optimal bila tidak ditunjang dengan tersedianya infrastruktur, sarana dan prasarana yang memadai.

“ Masyarakat daerah perbatasan sejak Indonesia merdeka, sampai sekarang, masih hidup dengan kondisi yang memprihatinkan. Hidup di tapal batas,semuanya serba terbatas,”keluh Ramli.

Hasil pertanian dan perkebunan masyarakat susah beredar di pasar lokal, karena keterbatasan infrastruktur dan sarana penunjang, sehingga lebih banyak mengalir ke pasar tetangga, karena lebih mudah dijangkau. Tetapi sebenarnya, persoalan ini akan mencoreng citra pemerintah di mata negara tetangga, karena daerah perbatasan adalah gambaran kondisi NKRI di beranda terdepan .

Ramli menambahkan, untuk mengentaskan semua ini perlu perhatian serius dan khusus, yang merangkul semua lini kehidupan masyarakat perbatasan. Perhatian bukan saja dari pemerintah daerah tetapi dari pemerintah propinsi dan pusat perlu berperan dalam mengangkat citra bangsa di halaman depan Negara tetangga, karena wailayah perbatasan adalah jendela Bangsa untuk dunia luar. Dengan jumlah anggota DPRD dari daerah pemilihan III yang berjumlah 7 orang, akan menjadi satu kekuatan untuk terus memperjuangkan pembangunan di wilayah pedalaman.

“ Jumlah anggota DPRD dari daerah pemilihan III, punya persamaan persepsi untuk bersama – sama berjuang demi terwujudnya pembangunan di segala bidang bisa dinikmati masyarakat di pedalaman, karena tujuan utama menjadi wakil rakyat adalah memperjuangkan aspirasi rakyat, bukan demi kepentingan pribadi atau kelompok,apalagi keluarga,” pungkasnya. (vincent).

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment