BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Distribusi Bibit K.Sawit dan Karet mundur Karena Terimbas Kemarau

Jambi-BN, Pendistribusian bibit kelapa sawit dan karet bersubsidi dari Pemerintah Kabupaten Batang Hari, diundur hingga Desember 2015. Meski sempat dilakukan distribusi bibit karet, terpaksa dihentikan karena ketersediaan yang sangat kurang.

IMG_1877Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Batang Hari, Nurdin Sitanggang mengatakan akan terjadi pengunduran jadwal distribusi bibit Kelapa Sawit dan Karet subsidi pada tahun 2015.

“ Semestinya sudah mulai disalurkan, namun oleh karena pengaruh iklim saat ini, terpaksa kita undur,” tuturnya Rabu,(16/9).

Khusus bibit kelapa sawit subsidi, sampai saat ini belum didistribusikan, padahal menurut Nurdin, dinas perkebunan harus menyalurkan sekitar 80.000 batang usia 8-9 bulan. Untuk saat ini bibit yang ada masih didalam polybag kecil, seharusnya sudah dipindahkan dalam polybag yang besar. namu akibat musim kemarau yang berkepanjangan, pemindahan bibit tersebut ditunda sampai musim hujan turun dengan normal.

Semula rencana distribusi bibit kelapa sawit, dilaksanakan mulai bulan September sampai bulan Desember 2015, namun oleh Karena ada perubahan, terpaksa diundur sampai bulan Desember 2015.

Nurdin Sitanggang menambahkan, bagi petani harus membayar Rp.17.000.- per batang kelapa sawit, harga ini menurut Nurdin lebih murah disbanding harga normal yang mencapai Rp.40.000. /batang.

Hal yang sama pun terjadi terhadap pendistribusian bibit karet, yang akan disalurkan seukuran dua sampai tiga paying, yang penanamannya dilakukan dilahan perkebunan warga seluas 925 Ha di 8 Kecamatan.

“ Sebenarnya distribusi sempat dilakukan, namun terpaksa dihentikan disebabkan faktor kemarau. Bibit karet tersebut sebagian sudah disalurkan, akan tetapi kita hentikan, karena melihat ketersediaan air pada masyarakat. Penyaluran bibit kelapa sawit dan bibit karet melihat kondisi cuaca, bila hujan telah turun normal, bibit tersebut segera dibagikan,” pungkas Nurdin Sitanggang. ( JHP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *