Mengusut Kasus Penembakan Warga Suku Kamoro di Timika, Polisi Kontak Danpom

Foto: Danrem 174 ATW. Brigjen TNI Supartodi SE. MSi, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Andi Kusuworo Beserta Irwasda Kombes Pol P.Waine yang hadir pada saat pemakaman Almarhum Herman Mairimau dan Almarhum Yulianus Okoare di tempat pemakaman Umum TPU SP 1 Timika Papua
Foto: Danrem 174 ATW. Brigjen TNI Supartodi SE. MSi, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Andi Kusuworo Beserta Irwasda Kombes Pol P.Waine yang hadir pada saat pemakaman Almarhum Herman Mairimau dan Almarhum Yulianus Okoare di tempat pemakaman Umum TPU SP 1 Timika Papua

Timika, Papua (BN) – Kapolres Mimika AKBP Yustanto Mujiharso mengatakan, sehubungan dengan insiden penembakan yang dilakukan oleh oknum anggota TNI pada warga suku Kamoro yang mana dua di antaranya tewas serta empat orang lainnya mengalami luka−luka tembak hingga kini masih dalam perawatan akibat terkena peluru senjata. Untuk itu pihaknya terus melakukan kontak atau koordinasi dengan Detasemen Militeter (Denpom) Timika, Papua.

Hal ini disampaikan Kapolres Yustanto kepada media saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/9/2015). “Kita sudah lakukan olah TKP di beberapa titik terutama di depan gereja dan di pertigaan. Kita juga sudah pasang Police line dan kita telah lakukan koordinasi dengan DENPOM untuk menangani masalah ini dengan objektif,” katanya.

Ia mengatakan komunikasi dan koordinasi terus dilakukan guna pengembangan kasus tersebut. “Jadi, saksi yang sudah kita periksa, nanti akan dipanggil oleh Denpom dan akan memberikan keterangannya juga di sana. Kita juga akan minta saksi−saksi yang ada di Denpom untuk kita periksa,” ujarnya.

“Koordinasi ini berjalan baik karena yang bersangkutan masih merupakan anggota militer, untuk proses hukumnya tetap kita serahkan kepada peradilan militer,” lanjut Kapolres Yustanto.

Sementara itu, terkait dengan system persidangan dan berapa lama waktu penyidikan, Kapolres mengatakan hal tersebut belum diketahuinya.

“Pers bisa komunikasikan langsung dengan Denpom, kita hanya mengumpulkan data. Suatu waktu bila diperlukan kita akan berikan data tersebut termasuk pemeriksaan saksi dan pemeriksaan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu pada tanggal 10/9 yang lalu Komandan Korem (Danrem) 174/ ATW Bigjen TNI Supartodi, SE. MSi kepada wartawan di Timika menegaskan bahwa ada dua sanksi berat yang bakal diberikan kepada dua oknum prajurit TNI yang melakukan penembakan kepada warga sipil tersebut.

Danrem Supartodi mengatakan bukan hanya pemecatan yang mengancam dua oknum TNI itu namun juga hukuman pidana militer 15 tahun penjara akan menanti para pelaku penembakan yang dianggap telah mencoreng nama baik TNI di mata rakyat.

“Proses persidangan terhadap kedua pelaku akan dilaksanakan di Timika dengan meminjam ruang sidang Pengadilan Negeri kota Timika,” ujar Danrem.

“Saya sudah pastikan bahwa sidangnya nanti disini (Timika) meskipun nanti di ruang sidang akan terbatas kapasitasnya, namun ini akan dilakukan secara terbuka, semua transparan kepada masyarakat, tidak ada yang ditutup-tutupi,“ tandasnya.

Peristiwa penembakan tersebut terjadi pada hari jumat (28/8) yang lalu pada saat masyarakat suku Kamoro sedang mengucap syukur atas ditahbiskannya salah seorang putra daerah asal Mimika Dr. Leonardus Tumuka yang telah menyelesaikan pendidikannya di Filipina pada beberapa waktu lalu.
Sebelum berita ini ditulis, pada beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 29/8 yang lalu dirumah duka (ruangan dalam gereja) di Timika, panglima daerah Militer (Pangdam) XVII/ Cendrawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian meminta maaf dan mengucapkan belasungkawa yang paling mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan serta ia meminta agar masyarakat mempercayakan kepada peradilan Militer untuk nantinya peradilan militer menyidangkan para pelaku sesuai dengan apa yang telah dilakukannya.

”Yang jelas pelakunya akan saya tindak tegas sebab (menurutnya red) tidak dibenarkan seorang Prajurit TNI mengkonsumsi alcohol, sebab sudah diatur dalam tindakan disiplin anggota dan ada aturan hukumnya,” ujar Pangdam.
(Samuel Max Meslay)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment