BINPERS.COM

Berita Investigasi Nasional

Anggota Polres Tanjab Barat Berhasil Amankan Tiga Pembakar Lahan

Tanjabbarat,Jambi-BN, Karena ingin membuka Lahan secara singkat atau simple, tiga orang warga Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan melakukan pembakaran pada lahan yang akan di jadikan lahan tanaman padi di daerah Parit 3 Rt 25 Teluk Nilau. Ketiganya berhasil di tangkap oleh anggota Polres Tanjabbarat.

foto2896 (2)Kapolres Tanjabbarat AKBP Kuswahyudi Tresnadi SH.Sik,melalui Kasad Reskrim Iptu Rio Gumara pada media ini mengatakan Rabu (16/09), ketiga warga kecamatan Teluk Nilau tersebut di tangkap sesuai laporan dari salah satu anggota Kepolisian yang tinggal di Asrama Polri Teluk Nilau.

“Ketiga orang tersebut di tangkap melalui laporan salah satu anggota Polisi yang tinggal di Asrama Polri (Aspol) sesuai dengan laporan polisi No.Pol  : LP / A – 02 / IX / 2015 / SEKTOR, tanggal 08 September 2015.” terangnya.

Lebih lanjut Kuswahyudi menjelaskan bahwa pada waktu pelapor melakukan patroli hari Selasa 8 September 2015, sekitar Jam 22.00 WIB Pelapor menemukan titik api di salah satu lahan milik warga di Parit 3 Rt 25 Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan. Setelah di lakukan penyelidikan ternyata lahan tersebut adalah milik warga yang bernama M.Nuh bin H.Umar. Ketika dilakukan penyelidikan lebih dalam terdapat tiga pelaku di antaranya, M.Sabri bin Sadali (48), warga yang tinggal di Jalan Sultan Thaha Parit 2 Rt.01Teluk Nilau, Taslim bin Misran (39),yang merupakan warga Parit 3 Rt 25 Teluk Nilau dan M. Nuh bin H. Umar pemilik lahan tersebut.

“ Pembakaran dilakukan Oleh M.Sabri dan Taslim.”paparnya.

Selain ketiga tersangka, pihak aparat juga mengantongi dua orang saksi yang juga warga Rt 25 Teluk Nilau, mereka adalah Rio (25) dan Zahrul Harmen (32).  Dari hasil olah TKP, kita mendapatkan barang bukti yang di sita berupa, tiga batang kayu yang terbakar,satu bilah parang panjang,dan dua pasang sepatu boot yang di gunakan.

“Atas perbuatannya tersebut para pelaku pembakaran lahan ini kita kenakan  dengan  pasal 108, UU. No.39 tahun 2014 tentang perkebunan, dan para pelaku telah kita amankan di Mapolres Tanjung Jabung Barat,” Pungkas Kasad Reskrim.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini wilayah Tanjab Barat mengalami polusi udara yang di akibatkan oleh terbakarnya hutan di wilayah tersebut, Ketua DPW LSM TAJAM, Ahmadi menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan, karena bisa berakibat fatal dan beresiko tinggi.**(Adi)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *