Wisuda Sekolah Tinggi Energi Dan Mineral T.A 2014/2015

Menteri ESDM : ” Kembangkan Program Studi Sesuai Kebutuhan Pemangku Kepentingan ”

Pati-BN, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, hari Jumat (10/7), mewisuda sebanyak 475 (empat ratus tujuh puluh lima) orang lulusan Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM “Akamigas”) Tahun Akademik 2014/2015 yang berasal dari 5 (lima) Program Studi.

stemSTEM “Akamigas” Cepu merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia yang merupakan pengembangan dan atau peningkatan status dari Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS). STEM “Akamigas” Cepu melaksanakan pendidikan berjenjang bagi sumber daya manusia di sektor ESDM pada Program Diploma I, Diploma II, Diploma III dan Diploma IV.

Dalam sambutannya Menteri ESDM mengharapkan agar STEM “Akamigas” harus lebih antisipatif dalam menjawab perkembangan masyarakat industri pengelola serta pemakai ESDM di tingkat nasional maupun internasional.

Oleh sebab itu, secara organisasi, STEM “Akamigas” juga siap untuk berubah menjadi institusi pendidikan tinggi yang selalu melakukan terobosan-terobosan baru, seperti pengembangan program studi yang sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan di sektor ESDM.

Selain itu, menteri ESDM juga berpesan agar STEM “Akamigas” mengembangkan program studi yang sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan di sektor ESDM. Salah satunya adalah dengan menyusun program pendidikan di bidang panas bumi, tetapi harus mendapat dukungan dari Stakeholders, terutama perusahaan- perusahaan di bidang Panas Bumi dan Asosiasi Panas Bumi Indonesia (API).

“Saya minta STEM “Akamigas” dapat bekerja sama dengan asosiasi dan perusahaan-perusahaan panas bumi untuk mendesain jenis dan bentuk pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan minimal 5 tahun ke depan” ujar Menteri ESDM.

stem2Kegiatan wisuda juga dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II, III dan IV di lingkungan KESDM, SKK Migas, BPH Migas, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Blora, Kabupaten Bojonegoro, PT Pertamina dan PT PGN, serta Perguruan Tinggi di sekitar Cepu.

Perincian wisudawan untuk masing-masing Program Studi adalah sebagai berikut : 146 orang lulusan D-I, 139 orang lulusan D-II, 132 orang lulusan D-III dan 58 orang lulusan D-IV. PNS di lingkungan Kementerian ESDM sebanyak 6 orang, PNS lingkungan Pemprov I Pemkab / Pemkot sebanyak 125 orang, pegawai PT Pertamina, PT PGN, Vico, HCML, Sampoerna Foundation dan industri penunjang lainnya sebanyak 344 orang. ( INDRO – BN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *