Begini, Cara SDN 224 Palembang Redakan Kebisingan di Dalam Kelas

sdn 224Palembang, Sumsel (binpers.com) – Kelas yang ribut bukan berarti tidak teratur. Metode belajar siswa aktif terkadang juga membuat kelas menjadi gaduh. Namun tingkat kebisingan di kelas baik bisa dengan cepat disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. Kepala Sekolah SDN 244 Palembang Ibu Misbawaty, S.Pd, membagi beberapa tips yang berguna untuk meredakan suasana ribut di kelas.

Untuk menggunakan strategi ini Misbawaty menganjurkan akan guru melakukan dulu kesepakatan dengan siswa dikelas. Tips yang pertama, guru harus membuat standar kebisingan di kelasnya.

Kedua, guru wajib menggajarkansiswa untuk bersuara “indoor” dan “outdoor”. Ketiga coba buatlah replika skala seperti thermometer dari kertas yang berisi skala keributan dikelas. Tempel didepan kelas lalu turunkan sesuai kehendak anda saat siswa anda minta diam.

Keempat, seorang guru harus menghindari mengetuk-ngetuk papan tulis atau white board saat mendiamkan siswa, kelima guru dapat mengunakan strategi angkat tangan sambil bersikap diam. Mintalah siswa melakukan hal yang sama, lakukan berulang bila anda ingin siswa anda diam.

Keenam, guru menghindari berteriak untuk mendiamkan siswa. Teriakan anda hanya akan menambah kebisingan yang sudah terjadi.

Ketujuh jangan menggunakan suara “sssssssshhhhhhhhhh….!” Saat mendiamkan siswa. Alasannya sama dengan point nomor enam.

Kedelapan, guru mencoba melakukan permainan tepuk, biarkan siswa mengikuti irama tepuk Perhatian mereka akan beralih dan mengikuti tepuk, kesembilan guru melakukan permainan Hai atau Halo, saat kelas anda ribut sapalah mereka “hai…!” ajarkan mereka untuk menjawab, “Halo ..”. Dengan demikian perhatian mereka akan tertuju pada guru.
Dan terakhir, ucapkan kata ‘terima kasih ‘ pada siswa yang sudah siap mendengarkan guru. Berjalanlah saat di dalam kelas dan berinteraksilah dengan semua siswa.(mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *