SMPN 41 Palembang Terima Siswa Baru Secara Online

smpn41

Palembang (BN). SMP N 41 Palembang Berdiri pada tahun 1985 sampai dengan sekarang, beralamat di Jl.P. Ayin Kenten laut. Sekolah ini memiliki 18 ruang dengan jumlah 21 kelas. Dengan jumlah Guru tetap sebanyak 47 orang dan guru tidak tetap sebanyak 10 orang. Jumlah Pegawai tetap sebanyak 6 Orang dan pegawai tidak tetap sebanyak 7 orang. Jumlah siswa pada tahun 2013 sebanyak 831 orang. SMP N 41 pada tahun 2013 ini dipimpin oleh Siti Zubaidah,S.Pd

Penggunakan internet dan media sosial untuk pendidikan semakin banyak dilakukan di Indonesia. Sudah ada cukup banyak guru yang mempunyai blog yang digunakan untuk mengajar atau memberikan tugas kepada siswa, ditambah lagi dengan semakin meluasnya penggunaan Facebook oleh para guru. Hal ini menunjukkan bahwa dunia pendidikan di Indonesia sudah semakin siap merangkul teknologi baru ini, Ungkap Zubaidah.

Melangkah sedikit lebih jauh, pemerintah pun turut mendukung pemanfaatan internet untuk pendidikan dengan menyediakan akses internet di sekolah-sekolah. Yang terbaru, pendaftaran sekolah secara online sudah bisa dilakukan di Kota palembang. Dengan pendaftaran secara online ini, calon siswa tidak harus datang ke sekolah yang dituju, tapi cukup datang ke sekolah terdekat dan mendaftar di sana secara online.

Hal ini tentunya cukup memudahkan, karena pendaftaran tidak perlu lagi dilakukan secara manual ke sekolah yang dituju yang letaknya mungkin jauh dari rumah. Namun, ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan: misalnya koneksi internet di sekolah tempat mendaftar, dan pengetahuan menggunakan sistem baru ini, jelas Zubaidah.

 “Mekanisme penerimaan peserta didik pada 2015 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya, antara lain pendaftaran tidak bisa dilakukan melalui layanan pesan singkat (SMS) telepon seluler dan warung internet (warnet) yang menyebabkan penumpukan pendaftaran peserta didik di satu sekolah yang banyak di minati,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan sistem PPDB online tahun 2015, para siswa dan orang tua/wali murid datang langsung ke sekolah tujuan yang menggunakan sistem PPDB online.

Menurut Zubaidah, para siswa akan menerima tanda bukti pendaftaran yang dicetak dari sistem komputer sehingga perkembangan nilai akan tetap bisa dipantau oleh orang tua melalui web sekolah.

Selain itu, katanya, peserta didik harus menentukan dua pilihan sekolah saja sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan PPDB tahun 2015 sebagiamana diatuar dalam surat keputusan kepala Dinas Dikpora Kota Paalembang.

“Sistem rayon atau kedekatan tempat tinggal dengan sekolah tetap berlaku pada proses seleksi. Rayonisasi sebagai salah satu upaya pemerataan peserta didik agar yang berprestasi tidak terkosentrasi di beberapa satuan pendidikan saja,” Tandasnya

Dengan cara ini, menurut dia, kegiatan belajar dapat sering dipantau oleh orang tua/wali dan mengurangi pengeluaran, seperti biaya transportasi bagi peserta didik. Karena itu sistem ini tetap diberlakukan.

Zubaidah mengatakan, di sekolah negeri manapun menimba ilmu, yang menentukan peserta didik berhasil atau tidak adalah kemampuan serta minat para masing-masing siswa, bukan sekolah favorit yang banyak peminatnya, mutu semua sekolah negeri di Kota paalembang sama.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah negeri untuk berlaku adil dalam penerimaan peserta didik baru ini, sebab sistem online akan secara langsung terdaftar di pilihan kedua jika tidak diterima di pilihan pertama,” tegasnya. (mas)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

2 Thoughts to “SMPN 41 Palembang Terima Siswa Baru Secara Online”

  1. Salam Hormat Hormat!Buu Kenapa Sya Tidak Ditrima Smpn41 Palembang.Apa Salah Saya,Saya Ingin Sekali Masuk Smpn41 Palembang.Buu Tolong Trima Saya.

  2. Buu Saya Sudah Belajar Semaksimal.Knp Saya Tidak Di Trima.:v

Leave a Comment