BINPERS

Berita Investigasi Nasional

47 Pasien Cacat Wajah di Manggarai Dioperasi Secara Gratis oleh Senyum Bali

IMG00066-20150507-1358

Manggarai-NTT (BN). Yayasan Senyum Bali akan gelar operasi pasien cacat wajah di Manggarai. Hal ini disampaikan Manager Yayasan tersebut Ni Nyoman Santinihati saat menghadiri peresmian Kantor Bali Smile di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (07/05/2015).

” Dalam tiga hari kedepan kita akan gelar operasi 47 pasien cacat wajah yang akan digelar di Rumah Sakit St. Rafael Cancar,” Kata Santy.

Lebih lanjut, santi Menambahkan, organisasi sosial yang diprakarsai oleh para Dokter Craniofacial itu akan melakukan operasi terhadap pasien bibir sumbing dan gangguan pada langit-langit Mulut. Adapun Pasien pasien yang akan dioperasi di Rs. St. Rafael Cancar itu,lanjut dia, berasal dari pelosok Kabupaten Manggarai yang berhasil dijaring oleh Tim Lokal Senyum Bali.

Berdasarkan Data yang dimiliki oleh Yayasan Bali Smile, sejauh ini telah berhasil menangani lebih dari 60 pasien cacat Wajah yang dioperasi secara cuma-cuma pada tahun 2014 silam. Meski demikian, sampai saat ini pihak yayasan sendiri masih mengalami kesulitan seperti informasi lokasi masyarakat penderita cacat wajah karena kekurangan tenaga di lapangan.

Pada kesempatan itu juga, santi menjelaskan, Yayasan bali smile sejauh ini belum menjangkaui seluruh wilayah di NTT. Sejauh ini, kata Santi Yayasan Bali Smile baru miliki satu cabang di NTT yaitu di Manggarai.

“Untuk di NTT, sejauh ini kita hanya miliki satu kantor Cabang yaitu di Manggarai, harapannya kedepan kita bisa menjangkaui seluruh daratan Flores, kita punya misi menyelamatkan masyarakat yang mengalami cacat wajah, karena semua orang berhak untuk tersenyum.

Sementara itu,Ketua Tim Dokter Senyum Bali, Prof. Dr. Asmara jaya pada kesempatan yang sama (07/05/2015) dihadapan para awak media menuturkan, sebagian besar pasien cacat wajah yang berasal dari Manggarai disebabkan oleh faktor genetik. Adapun faktor Genetik, menurut asmara jaya, dikarenakan oleh perkawinan sedarah atau hubungan kedekatan gen yang sangat dekat dari sebuah perkawinan.

“Faktor gen salah satu penyebab timbulnya cacat wajah,kalau sebuah perkawinan itu masih memiliki hubungan darah yang dekat maka akan sangat beresiko cacat pada anak yang dilahirkan dari perkawinan tersebut” tutur asmara jaya.

Selain itu, faktor lain yabg bisa mempengaruhi adalah faktor kesehatan ibu hamil. Menurutnya, ibu hamil dengan usia kehamilan harus mendapat perhatian khusus karena pada usia tersebut terjadi pembentukan wajah bayi.

Sebagai organisasi sosial, Yayasan Senyum Bali ini mendapat sokongan biaya dari donatur baik lokal maupun Internasional. Adapun jaringan atau donatur Lokal yang menyumbang Yayasan tersebut adalah Royalti Bali Seminyak sedangkan Donatur Internasional yang sering menyokong yayasan ini adalah penemu penemu Windows yaitu Bill Gates.

Selama menjalankan Bakti sosialnya di Manggarai tiga hari mendatang, Yayasan ini akan fokus pada operasi bibir sumbing dan theraphy Speech bagi pasien yang alami gangguan langit-langit mulut. (Elvis Yunani Ontas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *