Warga Kesulitan Melintasi Jembatan Gantung di Desa Salah Sirong

JpegBIREUEN (BN). Jembatan gantung penghubung antara dua kecamatan yang terletak di desa Salah Sirong Kecamatan Jeumpa dan dusun Befak Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, Aceh, Sudah mulai lapuk dan di beberapa titik leger kayunya terlihat sudah patah, akibatnya hasil panen petani harus diangkut dengan kereta sorong karena tidak bisa di angkut dengan menggunakan mobil.

Salah seorang warga dusun Befak Ibrahim (57), Sabtu (18/4) akhir pekan lalu, mengatakan bahwa mereka sangat kewalahan saat membawa hasil pertanian mereka semenjak lima bulan yang lalu, leger kayu penahan jembatan di bagian bawah sudah patah sehingga mobil tidak bisa melewati jembatan ini lagi, mereka terpaksa membawa berbagai hasil panen dengan menggunakan kereta sorong.

Padahal hasil panen di kawasan pedesaan ini sangat banyak seperti kelapa, kemiri, kates, kakao, pala, pisang dan kacang tanah yang di hasilkan berton- ton tiap minggunya, selain itu jembatan ini banyak di lintasi oleh warga dan anak anak sekolah dasar serta para guru guru yang mengajar di sekolah dasar negeri 12 Kecamatan Juli, Bireuen.

Dia juga menjelaskan jika jembatan ini tidak segera di rehab atau di bangun jembatan permanen, maka sungguh sangat di sayangkan jika di biarkan kerusakan ini berlarut- larut di karenakan akan membahayakan pelintas jembatan tersebut, sebab sungai yang menyebarangi jembatan ini air nya selalu mengalir deras.

Ditempat terpisah seorang warga lainnnya mengatakan bahwa jembatan gantung ini di bangun pada tahun 1982 dengan ukuran panjang 130 meter serta panjang 250 centi meter dan sudah di rehab beberapa kali, terakhir kali jembatan ini di rehab pada tahun 2012 namun dengan masa yang masih belum lama ini jembatan gantung tersebut sudah tidak bisa di lintasi mobil lagi meskipun mobil tidak membawa beban barang sekalipun.

Sementara Kadis Bina Marga Bireuen, Fadli ST yang di hubungi pada hari Rabu (22/4) mengatakan, sudah mengirim tim teknis kelapangan untuk malakukan pengecekan sejauh mana kerusakan jembatan gantung tersebut.(Hsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *