Rp. 5,7 Milyar Untuk Pembangunan Tiga Kantor SKPD Di Matim

Kantor Bupati Manggarai Timur di Lehong
Kantor Bupati Manggarai Timur di Lehong

Manggarai Timur-NTT (BN). Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur akan membangun tiga Kantor SKPD diantaranya, Kantor Dinas Sosial, Inspektorat dan badan penanaman modal serta kantor pelayanan perizinan terpadu (BPMP2T).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Ekonomi Laurens Loni, Selasa (3/3) di Borong. Loni, mengatakan pemerintah Kabupaten Manggarai Timur akan membangun tiga unit Kantor SKPD dengan dana sebesar 5,7 M. “Tiga kantor ini mendapat dana dari APBD sebesar Rp 5,7 M ,” katanya.

Loni, menambahkan, Pemerintah membangun tiga kantor tersebut karena hingga saat ini kantor (BPMP2T) masih menyewa rumah penduduk, sementara Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, masih menggunakan kantor bupati yang lama di Toka sedangkan Kantor Inspektorat masih menggunakan salah satu ruang di Kantor Bupati di Lehong.

Loni mengatakan saat ini beberapa kantor SKPD yang belum memiliki kantor sendiri yakni Kesbangpolinmas yang bergabung dengan BP2KP, Kantor Pertanian bergabung dengan BPMD, Kantor Pariwisata bergabung dengan Kantor Perkebunan, kantor Pemberdayaan bergabung dengan ESDM demikian juga Kantor Perhubungan dan Perpustakaan.

Loni mengungkapkan pemerintah perlahan-lahan membangun kantor SKPD. Hal itu bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dana dan untuk tahap selanjutnya menunggu proses tender waktunya tender belum bisa dipastikan.

Selain tiga unit kantor yang akan dibangun, pemerintah juga akan membangun Aula Kantor kelurahan Kota Ndora dan untuk kantor kelurahan dilakukan melalui penunjukan langsung karena dananya kecil dan dalam waktu dekat akan dimulai pekerjaannya.

Loni mengungkapkan pembangunan tiga unit nanti dibangun dan disejajarkan dengan kantor SKPD yang ada dikompleks Kantor Bupati dengan konsep dan Master Plan yang ada dan tidak boleh bangun di luar area yang ditentukan. Saat ini pembanguan Kantor SKPD bentuk dan ukurannya sama dengan konsep rumah adat dibagian depan.

Lebih lanjut Loni mengatakan Tahun 2014 sudah dibangun tiga unit Kantor kecamatan dan sekaligus rumah jabatan yakni kantor kecamatan Rana Mese, Poco Ranaka Timur, dan Elar Selatan dan tahun 2015 sudah bisa dimanfaatkan sehingga tidak lagi menggunakan rumah penduduk. Dana untuk pembanguan kantor camat sebesar 960 juta.

Sementara tahun 2015 tidak ada lagi pembanguan Kantor camat karena semua sudah memiliki kantor sendiri dan untuk kecamatan yang akan mekar saat ini masih lakukan sosialisasi di masyarakat dan bagian tata pemerintah akan menampung data berupa usulan dari masyarakat yang nantinya data tersebut diserahkan kepada tim independen. (Yos Syukur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *