PMKRI Ruteng Gelar Ekskursi Sosial di Pasar Inpres

kpManggarai-NTT (BN)- Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ruteng Santu Agustinus gelar kegiatan ekskursi sosial di pasar Ruteng pada Sabtu (28/03/2015). Kegiatan yang menjadi bagian dari Masa Bimbingan (Mabim) ini melibatkan 28 peserta yang sedang mengikuti proses tersebut.

Dari pantauan BN di pasar Ruteng pada saat kegiatan berlansung, peserta dibagikan kedalam empat kelompok, yang terdiri dari kelompok penjual ikan, penjual sayur, penjual beras dan ada juga kelompok yang menjadi kernek angkutan kota atau konjak.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Ruteng, Benediktus Tiwu kepada media ini (28/03/2015) menuturkan kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari proses kaderisasi berjenjang yaitu masa bimbingan. Selain itu, Nedy juga menambahkan kegiatan luar ruang atau outbond bertujuan untuk melatih kader PMKRI menyelami persoalan sosial yang ada disekitar.

“ini bagian dari proses masa bimbingan, dengan kegiatan ekskursi sosial seperti ini kader akan mampu menyelami persoalan sosial, mereka ikut ber empati dengan kondisi para penjual di pasar ini ataupun merasakan nasib para kernek”, Tutur Nedy.

Salah seorang peserta kegiatan, Agustinus Jefri menuturkan, dirinya sangat menikmati proses tersebut, Jef mengaku sangat perihatin dengan kondisi dari para penjual tempat Ia menjalankan ekskursi tersebut. “saya bangga bisa menjadi bagian dari kegiatan ini, kepekaan kami sebagai peserta benar-benar diasah melalui kegiatan seperti ini,”aku Jef.

Setelah melakukan ekskursi sosial tersebut, para peserta selanjutnya menjalankan evaluasi terhadap kegiatan tersebut di margasiswa PMKRI. (Elvis)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment