KBN Sebagai Wadah Aspirasi Masyarakat dan Pemuda Dalam Meningkatkan SDM Yang Tangguh

Achmad Sodikin (duduk) kepala seksi 1/ bidang Litbang DPD/Markas Daerah Brigade 01 Provinsi Jawa Barat
Achmad Sodikin (duduk) kepala seksi 1/ bidang Litbang DPD/Markas Daerah Brigade 01 Provinsi Jawa Barat bersama beberapa anggota

Cimahi (BN). Inisiatif para pecinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bermunculan melalui ormas Bela Negara sekalipun berbeda di awal kata tetapi memiliki visi misi dan tekad yang sama dalam mewujudkan harapan dan Cita-cita bangsa menuju Indonesia adil makmur dan sejahtera .

Korps Bela Negara yang berkantor di Makodim 0609 berdiri sejak tahun 2004 sesuai dengan akta notaris bersekup Nasional sekalipun belum Memenuhi syarat tetapi keberadaannya cukup mewakili untuk menjadi ormas binaan kodim 0609 yang memiliki wilayah teritorial tiga kabupaten kota yaitu kabupaten Bandung, Bandung Barat dan kota Cimahi /Kababuci.

Korps Bela Negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya Senantiasa berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) karena KBN merupakan Ormas semi militer yang Memiliki dua versi, untuk keluar disebut sebagai ketua DPC dan untuk kedalam disebut sebagai Markas Cabang (MACAB) untuk tingkat Kabupaten /Kota.

“ Para anggota Korps Bela Negara di wajibkan  Memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin mengingat Korps Bela Negara yang dibentuk Panglima Kodam III/Siliwangi berfungsi sebagai mitra kerja TNI yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas keamanan sekaligus sebagai kepanjangantangan TNI dalam menyerap informasi khususnya di jajaran teritorial,” Ungkap Achmad Sodikin selaku kepala seksi 1/ bidang penelitian pengembangan pada Dewan Pimpinan Daerah / Markas Daerah Brigade 01 Provinsi Jawa Barat saat ditemui Wartawan diruang kerjanya Beberapa waktu Lalu.

Lebih lanjut Achmad menjelaskan bahwa Korps Bela Negara (KBN) berfungsi sebagai wadah aspirasi Masyarakat dan pemuda dalam meningkatkan sumber daya Manusia (SDM) serta berpeluang sebagai wadah aspirasi pemuda untuk menggali potesi, sehingga anggota KBN diwajibkan hadir setiap dua kali seminggu untuk melaksanakan forum diklat dan tanya jawab melalui beberapa pakar sebagai nara sumber dengan tujuan untuk meningkatkan mental dan wawasan sehingga untuk kedepannya seluruh anggota KBN dapat memiliki rasa percaya diri hingga tercipta para calon pemimpin handal negeri ini.

Untuk meningkatkan kekompakan, kedisiplinan serta mewujudkan sifat gotong royong diantara sesama anggotanya, para anggota KBN melakukan kegiatan rutin setiap hari Minggu melalui pelatihan semi militer.

KBN juga merupakan Ormas senior yang telah terbentuk sejak kepemimpinan presiden Ir. Sukarno melalui buku sejarah kemerdekaan Indonesia yang hingga saat masih dipertahankan Oleh para Pemuda diseluruh tanah air sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghargaan kepada para pejuang Indonesia yang telah gugur dimedan perang dalam mempertahankan NKRI (Asep Sutisna )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *