Rumput Dan Ranting Pohon Dibiarkan, Jalan Menjadi Sempit Dan Rawan Kecelakaan

Jalan-Negara-Flores-300x168Manggarai-NTT (BN). Dibeberapa ruas Jalan negara trans utara Flores yang menghubungkan kabupaten Sikka, Ende, Nagekeo dan Manggarai Timur mengalami penyempitan. Penyempitan terjadi akibat rumput dan pohonan yang tumbuh subur di kedua sisi badan jalan dengan ketinggian hingga 1,5 meter.

Akibat penyempitan ini, sopir kendaraan harus hati-hati bila memasuki tikungan karena kendaraan dari arah depan tidak terlihat sama sekali meski tikungan masih berjarak 5 meter. Selain itu, menyempitnya jalan mengakibatkan kendaraan roda empat harus memperlambat kecepatan dan berhati – hati saat berpapasan.

Hal ini dikeluhkan Sebastianus Sandi (45) seorang pengemudi truk angkutan pedesaan yang ditemui BIN di desa Satar Teu Kecamatan Lamba Leda , Sabtu (21/03/2015).

Menurut Sandi, rumput yang tinggi banyak dijumpai sepanjang perjalan, memasuki desa satarpunda, dan setelah desa satar padut, dampek menuju Pota, Kecamatan Lamba Leda kabupaten Manggarai Timur.

“ Jalan masuk Desa Satar Teu, rumputnya tinggi sekali. Masyarakat juga ada yang tebang pohon lemantoro dan ranting – rantingnya dibiarkan tergeletak di jalan. Kalau di desa Pota ada beberapa ranting yang menjulur ke jalan hanya beberapa tempat saja rumputnya sangat tinggi,“ katanya.

Rumput-rumput di jalan ini kata Sandi, tidak pernah dipangkas padahal jalan trans utara Flores ini merupakan jalan negara. Hal ini ungkapnya berbeda dengan jalan negara di selatan yang kedua sisi badan jalannya sering dibersihkan.

Keluhan yang sama juga disampaikan Adi Kamri (37) sopir travel yang sedang mengantar wisatawan yang bertamasya di pantai Watu Pajung Pota.

“Kalau berpapasan dengan mobil yang agak besar kami harus hati-hati karena batas sisi jalan tertutup rerumputan. Saya heran kenapa jalan ini tidak diperhatikan padahal statusnya jalan negara. Kalau jalan negara di selatan, mulai dari Larantuka sampai Ende hampir semua rumput dan pohon di sisi jalan sudah dibersihkan sehingga pengendara tidak terganggu,” ungkapnya. (Elvis/Yos)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *