Menguji Kompetensi Pengelolaan Sarpras Poltekkes Kemenkes RI Tasikmalaya

poltekkesTasikmalaya, (BN).- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Politeknik Kesehatan Tasikmalaya, memberikan pelayanan pendidikan berkualitas kepada mahasiswa harus berkomitmen menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk kelancaran kegiatan mahasiswa.
Perpustakaan Poltekkes kemenkes Tasikmalaya merupakan salah satu unit kerja pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar dimana didalamnya tersedia buku – buku sumber ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan baik untuk dosen, mahasiswa, karyawan dan kalangan luar kampus.

Visi dari Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya adalah Menjadi pusat kegiatan kampus yang secara dinamis mempelopori, mengilhami, dan memberikan motivasi semangat pembelajaran, dunia kampus, dan pencapaian akademis serta pengabdian masyarakat serta mewujudkan visi dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya.

Dinamika kegiatan kampus menuntut Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya sebagai institusi pendidikan untuk memenuhi segala kebutuhan akan sumber ilmu pe–ngetahuan dalam rangkaian kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tersedianya buku – buku berkualitas se–bagai salah satu sumber ilmu pengetahuan merupakan sebuah keharusan dalam menjawab tuntutan kebutuhan dimana pada saat ini ilmu pengetahuan selalu berkembang dan berubah dengan cepat.

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya terbagi di tiga tempat terpisah yaitu di jalan Cilolohan No 35 Tasikmalaya sebagai perpustakaan pusat, di jalan Tamansari Tasikmalaya dan di Kampus Cirebon. Fasiltas didalamya cukup lengkap terdiri dari buku – buku, jurnal penelitian, majalah serta media lainya seperti kompu–ter dan area baca yang cukup tenang dan nyaman.

Jumlah buku yang tersedia saat ini di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya yaitu sebanyak 19.728 eksemplar dengan 4.938 judul buku, karya tulis tugas akhir sebanyak 2002 judul dan makalah sebanyak 870 eksemplar, jurnal dalam negeri sebanyak 1.050 eksemplar dan jurnal luar negeri sebanyak 650 eksemplar. Selain dari buku tersedia pula sumber ilmu pengetahuan berupa VCD/DVD CD-ROM dan album foto.

Untuk mempermudah dalam pencarian buku – buku perpustakaan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya menggunakakan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) dimana klasifikasi dilakukan berdasarkan subjek, kecuali untuk karya umum dan fiksi. Kodenya ditulis atau dicetakkan ke sebuah stiker yang dilekatkan ke sisi buku atau koleksi perpustakaan. Buku-buku diletakkan dengan mengurutkan berdasarkan nomor. Jika dua atau lebih buku memiliki nomor klasifikasi yang sama, sistem akan membagi kelas tersebut secara alphabet dengan demikian memudahkan pencarian buku yang diinginkan.

Selain buku cetak dan media lainya seperti VCD atau CD-ROM, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya juga mengembangkan sistem e-libray sesuai dengan yang direkomendasikan Puslitbang Kemenkes RI yaitu Program WinISIS / DDC UNESCO 2003. E-library merupakan sistem yang mengkoleksi buku dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer, dimana pengguna tidak perlu lagi meminjam buku dalam bentuk fisik yaitu melalui komputer yang tersedia di perpustakaan sehingga lebih praktis dan lebih mudah dalam pencarian sumber ilmu pengetahuan yang dibutuhkan.

Dalam perkembanganya Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya selalu menginginkan perubahan kearah yang lebih baik seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dengan cepat. Masih ba–nyak kekurangan yang perlu diperbaiki demi memenuhi tuntutan kebutuhan institusi dalam penyelenggaraan pendidikan. Demikian dalam perjalananya yang panjang akhirnya Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya pada tahun 2013 meraih prestasi yaitu sebagai Juara II Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Raihan prestasi tersebut menjadikan motivasi untuk tetap berbuat yang terbaik.

Keberadaan sarana prasarana seperti yang telah tersebut diatas, pimpinan Poltekkes Tasikmalaya juga melengkapi ruang kelas, kantor, ruang himpunan mahasiswa jurusan, tersedia toilet yang memadai, kantin dan mushola (tempat ibadah). Begitupun pengadaan sarana/prasarana lab computer, perpustakaan yang memadai tersedia buku-buku, reperensi, jurnal, makalah ilmiah yang langsung dibutuhkan oleh mahasiswa, laboratorium dan sarana prasarana Olah Raga.

Perpustakaan kampus benar-benar difungsikan sebagai sumber belajar bagi semua mahasiswa dan dosen untuk meng”update” pengetahuan mereka. Jam istirahat benar-benar menjadi waktu yang berharga bagi sebagian besar mahasiswa, mengapa? Karena pada jam ini mereka akan berbondong-bondong ke perpustakaan untuk mencari buku dan informasi yang mereka butuhkan.

Koleksi buku yang dimiliki oleh perpustakaan kampus poltekes harus memadai, utamanya terkait dengan buku-buku yang langsung dibutuhkan oleh mahasiswa, adapun koleksi buku tersebut meliputi buku-buku perkuliahan, buku ilmu pengetahuan popular, majalah dan berbagai buku filsafat since berkualitas.

Untuk mendukung pencapaian kampus dalam upaya pengenalan dan penguasaan sarana teknologi infoemasi canggih kepada mahasiswa, kampus harus berupaya melengkapi sarana lab computer dan secara langsung “nge- link” ke saluran internet sebagai sarana akses informasi yang berkualitas.

Berkenaan dengan upaya kuasa teknologi yang kini menjadi kebutuhan dunia kerja dan terbukti telah menjadi program prioritas pemerintah melalui berbagai bantuan perangkat teknologi dan juga tenaga ahli IT yang mahir.

Kesemua sarana dan parasarana yang tersedia harus dimanfaatan secara maksimal untuk mendukung proses kegiatan belajar perkuliahan di lingkungan kampus. Apa lagi yang namanya Politekes, kelengkapan sarana/parsarana di lingkungan kampus keberadaannya sangat vital untuk mendukung aktivitas mahasiswa yang kelak diandalkan untuk menjadi tenaga ahli special kesehatan sesuai dengan kualifikasi jurusannya. (TIM WRC)

Satu tanggapan untuk “Menguji Kompetensi Pengelolaan Sarpras Poltekkes Kemenkes RI Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *