Landasan Pacu Bandara Frans Sales Lega Akan Diperluas

Bandara Frans sales Lega
Bandara Frans sales Lega

Manggarai-NTT (BN). Landasan Bandara Frans Sales Lega, yang merupakan satu-satunya bandara di Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan diperluas lagi. Perluasan Bandara ini dalam rencanya akan diprioritaskan untuk memperpanjang landasan bandara tersebut yang akan ditambah 150 meter.

Perluasan bandara Frans Sales Lega ini disampaikan langsung oleh Tim dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Kasubag Keuangan Dirjen perhubungan Udara Dedi Supratim pada Kamis (19/03) di Bandara Frans Sales Lega Ruteng disela-sela acara penyerahan aset tanah Kementerian Perhubungan Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai. Dikatakan Dedi, Perluasan Bandara untuk penerbangan Perintis tersebut menggunakan dana dari APBN senilai 77 Milyar rupiah.

Dedi menegaskan, kucuran dana yang akan diberikan oleh pemerintah Pusat terhadap pemerintah di Kabupaten akan digunakan untuk membiayai proses perluasan bandara serta pembebasan lahan warga yang berada disekitar lokasi perluasan bandara tersebut.

Menanggapi rencana pemerintah pusat tersebut, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Wakil Bupati Manggarai Kamelus Deno saat ditemuin wartawan BN pada kegiatan tersebut, mengaku sangat mengapresiasi dengan rencana tersebut. Deno juga menuturkan Pemkab Manggarai akan berusaha keras untuk mensukseskan program tersebut.

“Membangun daerah mesti ada kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dana yang diaokasikan pemerintah pusat ini sangat besar, kita akan bekerja keras dalam prosesnya khususnya soal pembebasan lahan,” tutur Deno.

Sementara itu, ketika ditanyai soal status bandara yang akan ditingkatkan menjadi bandara Internasional, Deno menegaskan, pihaknya belum berpikir soal tersebut. Deno, mengatakan perluasan landasan menjadi perioritas sementara karena menjadi kebutuhan saat ini. “kita belum pikirkan soal status bandara menjadi bandara Internasional, kita hanya ingin fokus memikirkan perluasan landasan bandara,” imbuh Deno.

Hadir dalam acara bersama kementerian perhubungan RI tersebut diantaranya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai, Apri Laturake dan sejumlah staf dari Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai. (Elvis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *