BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Kodim 1402 Dukung Swasembada Pangan 2017

Dandim 1402 Polmas, Letkol Inf.Dody Tri Winarto, S.Ip Foto: Andi Rasyid.AM
Dandim 1402 Polmas, Letkol Inf.Dody Tri Winarto, S.Ip Foto: Andi Rasyid.AM

Polman, Sulbar (BN)- Keseriusan jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1402 Polewali Mamasa (Polmas) dalam mendukung upaya Presiden RI, Joko Widodo dalam pencapaian peningkatan swasembada pangan secara nasional tahun 2017 di Kabupaten Polewali Mandar provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terus berjalan tanpa mengenal lelah.

Salah satu upaya dilakukan Kodim 1402 Polmas di bawa komando Dandim 1402 Polmas, Letkol Inf. Dody Tri Winarto dalam mendukung program swasembada pangan tersebut dengan mengerahkan 200 personel anggota TNI khususnya Babinsa dalam wilayah teretorial Kodim 1402 Polmas untuk melakukan pendampingan kepada petani dalam mengelola usaha pertanian untuk meningkatkan hasil produksinya.

Dandim 1402 Polmas, Letkol Inf. Dody Tri Winarto, S.IP kepada binpers.com menjelaskan, keterlibatan anggota TNI khususnya Babinsa dalam jajaran Kodim 1402 Polmas sebagai implementasi tindak lanjut kerjasama antara Panglima TNI dengan Menteri Pertanian melalui MoU untuk mendukung program kebijkan Presiden RI Joko Widodo dengan pencapaian swasembada pangan nasional dalam kurun waktu tiga tahun kedepan (2017) Indonesia harus bisa berdaulat pangan.Sehingga tidak lagi tergantung pada impor beras dari negara lain.

Menurut Dody Tri Winarto, untuk mencapai swasembada pangan pihak TNI melalui Kodim melakukan pendampingan dan pengawasan kepada petani agar dalam menggarap sawahnya hasilnya bisa meningkat. Bahkan pihak Kodim 1402 Polmas sendiri siap menggantirugi jika hasil panen para petani yang didampingi tidak memenuhi target minimal 6 hingga 7 ton perhektare dan para Babinsa termasuk anggota TNI lainnya diberi tugas dan tanggung jawab yang merupakan amanat dan intruksi Panglima TNI sebagai perajurit TNI wajib diwujudkan dan dalam praktenya harus bekerjasama dan sinergi penyuluh pertanian termasuk Ketua Kelompok tani dilapangan.

Mantan Danyon 700 Raider Makassar lebih jauh mengatakan, swasembada pangan merupakan hal yang sangat penting bagi ketahanan nasional sehingga diharapkan kerjasama dinas terkait, baik Dinas Pertanian dan Peternakan maupun Badan Penyuluh Pertanian atau BP4KP dalam wiayah teritorial Kodim 1402 Polewali dan Mamasa (Polmas) agar bersama-sama membimbing petani untuk meningkatkan produksi pertaniannya dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

Dalam kesempatan itu pula, Dandim 1402 Polmas, Letkol Inf. Dody Tri Winarto didampingi Kasdim, Mayor Inf. Imran dan Pasi Intel, Kapten Abdul Halim juga menyampaikan, keterlibatan TNI dalam peningkatan swasembada pangan secara nasional bukan saja pendampingan dan pengawasan program tersebut tetapi juga bersama instansi tehnis melakukan rasionalisasi pemetaan kelompok tani yang selama ini dinilai datanya kurang valid dan masih tumpang tindih. Bahkan pihaknya juga menfasilitasi kelompok tani untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Selain itu, sebagai bukti keseriusannya, Kodim 1402 juga bekerjasama SKPD tehnis melatih perajuritnya khususnya Babinsa yang ikut melakukan pendapingan petani sehingga dalam mendampingi petani mampu memberi warna tersendiri bagi petani dalam mengelola lahannya dengan baik. (Andira- Husain/BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *