Dinas Pendidikan Kaltim Tidak Ada Anggaran UN CBT

Kepala Disdik Kaltim, Musyahrim
Kepala Disdik Kaltim, Musyahrim

SAMARINDA (BN), Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA/sederajat akan dilaksanakan serentak 7 April mendatang. Di Kota Tepian, ada 4 SMK dari 6 sekolah yang mengikuti UN secara online. Sistem itu  berjuluk  Computer Based Test (CBT).

Keempat  sekolah menengah itu adalah SMK 1, SMK 5, SMK 6, dan SMK 7. Dua sekolah lain adalah SMP 1 dan SMP 2. Persoalan awal yang hampir menggagalkan CBT di Samarinda mengenai jumlah komputer, sudah terpecahkan dengan penggunaan laptop sebagai penutup kekurangan.

Persiapan komputer dan jaringan intranet di enam sekolah percontohan UN CBT, menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda Asli Nuryadin, membutuhkan sejumlah dana. Anggaran yang seharusnya diajukan ke pusat, akan dialihkan ke Disdik Kaltim. Hal itu disebabkan waktu pelaksanaan yang mepet.

Namun Kepala Disdik Kaltim Musyahrim  menegaskan pihaknya tidak bisa memberikan dana, Karena tak ada anggaran untuk pelaksanaan UN CBT.

 “ Ujian nasional semua anggarannya dari APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara). Kami tidak ada alokasi anggaran guna pelaksanaan UN CBT,” ujar Musyahrim.

 Musyahrim menambahkan, jika memang ada, anggaran untuk UN CBT di Disdik Kaltim semestinya diajukan sejak 2014, bukan saat ini. Dia pun tidak bisa serta-merta memberikan sejumlah dana dengan alasan waktu mepet.

 “Toh, kalaupun seandainya ada dana, pencairannya juga pasca UN, bukan sekarang,” tegasnya.

 Dia menyebut, seharusnya ketika dinyatakan lolos verifikasi UN CBT, berarti sekolah sudah siap semua, termasuk pemasangan jaringan dan lainnya. Makanya, jika memang tidak siap, tak perlu dipaksakan.

 “ Kalau nyatanya belum siap, lebih baik tidak usah dipaksa, daripada hasilnya nanti berantakan,” tegasnya.

 Jika Disdik Kaltim tak bisa memberikan dana tersebut, maka Disdik Samarinda harus mengambil opsi terakhir, yaitu menggunakan dana bantuan operasional sekolah daerah. (abt/akn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *