Alex Noerdin Sukses Pimpin Sumatera Selatan Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

alex-noerdin-terima-obor-asian-gamesSumsel (BN). Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin berhasil membangun kawasan kota olahraga Jakabaring, menjadi sportcity berkelas dunia. Pembangunannya hanya memakan waktu 11 bulan. Padahal saat itu banyak orang yang meragukan.

Atas keberhasilannya itu, Alex meraih penghargaan “The Best Regional Leader Of The Year 2011″ yang dianugerahkan sebuah perusahaan marketing “Markplus Inc.”. Alex dinilai berhasil menggelar pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara SEA Games 2011.

Gubernur Sumatera Selatan berandil besar pada kesuksesan penyelenggaraan pesta olahraga yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali itu.

Mengutip omongan salah seorang pendiri Markplus Inc., Hermawan Kertajaya, Alex Noerdin memiliki pemikiran yang inovatif, kreatif dan terobosan untuk mewujudkan kemajuan suatu daerah menyelenggarakan pesta olahraga tingkat internasional.

Awalnya memang ada sejumlah kalangan yang merasa pesimistis terhadap kesuksesan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah pesta olahraga antarnegara se-Asia Tenggara tersebut, karena belum memiliki pengalaman dan minim infrastruktur. “Tapi kami punya modal tekad dan semangat untuk berhasil,” ujar Alex.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjadikan penyelenggaraan SEA Games 2011, sebagai sarana untuk memperkenalkan Sumatera Selatan kepada dunia internasional dalam upaya meningkatkan pariwisata.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membangun fasilitas olahraga bertaraf internasional di atas lahan tanah seluas 325 hektar terdiri dari 22 tempat pertandingan olahraga.

Alex Noerdin terus berupaya mendatangkan investor guna membangun infrastuktur rel kereta api “double track” sepanjang 170 kilometer dari Tanjung Enim ke Pelabuhan Tanjung Api-Api dan ruas jalan tol yang merupakan bagian dari 1980 KM Trans Sumatera Highway yang akan pararel dengan Trans Sumatera Railway. Nilai infrastruktur untuk membangun SEA Games bernilai lebih dari Rp4 Triliun, namun hanya 8 persen yang berasal dari APBD Sumsel.
Dengan pencapaian ini, investor semakin percaya untuk berinvestasi di Sumsel. Hal itu ditandai dengan dua negara yang sudah siap membiayai pembangunan jalan tol trans Sumatera sepanjang 1.980 kilometer yang akan menghubungkan koridor Jawa dan Sumatera.

Saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyatakan kesanggupannya untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan multievent olahraga tingkat Asia, AsianGames, pada tahun 2018.

Kesanggupan dan kesediaan Sumsel sebagai tuan rumah ASIAN Games disampaikan dalam surat resmi Pemprov yang ditujukan kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang telah diteruskan kepada Presiden Sport Council Asia (SCA).

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin kepada RRI mengatakan, keputusan tuan rumah Asian Games sudah ditetapkan secara resmi, Dengan waktu sekitar 3,5 tahun yang tersisa, Alex yakin Sumsel dapat mempersiapkan pesta olahraga akbar empat tahunan tingkat Asia tersebut.

“Insya Allah siap. Kita waktu SEA Games dari nol dalam waktu 11 bulan dan ISG hanya dua bulan saja bisa,” ujar Alex di Palembang.

Menurut Alex, permintaan SCA atas pernyataan kesiapan Sumsel merupakan keputusan yang obyektif setelah melihat sarana, prasarana dan fasilitas pendukung dari beberapa daerah lain. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *