SPJ BOS SDN Sipanjang Diuga Belum Dilaporkan

Ketua LSM Penjara Banten, Epi Syaepudin
Ketua LSM Penjara Banten, Epi Syaepudin

Banten, (BN) – Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Pejabat Aparatur Negara (PENJARA) Banten, mempertanyakan pertanggungjawaban pelaksanaan dan penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Sipanjang Kecamatan Tanara Kabupaten Serang Banten. Karena SD tersebut, diduga belum menyetor laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan BOS periode tahun 2013-2014 dan 2014 – 2015.

Dugaan SD Negeri Sipanjang Kecamatan Tanara belum menyetor laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan BOS itu, karena LSM PENJARA memperoleh informasi selama kurun waktu 2013 hingga 2014 belum dikirim ke Disdik Kabupaten Serang, melalui Disdik Kecamatan Tanara selaku koordinator penyetoran LPj.

Demikian ungkap Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Pejabat Aparatur Negara (PENJARA), Epi Syaepudin kepada awak media, di sela-sela kesibukanya, Minggu (8/2).

“Oleh karena itu, kami akan mengirimkan surat kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang untuk klarifikasi data atas kebenaran informasi tersebut,” ungkap Epi.

Epi mensinyalir, Disdik Kecamatan Tanara telah memanggil Bendahara dan Kepala Sekolah SD Negeri Sipanjang, dan memberikan petunjuk agar bendahara segera menyusun SPj yang belum dikirim. Ini, agar Disdik tidak dinilai lemah dalam pengawasan penggunaan dana BOS, sehingga ada sekolah yang sampai sekian lama tidak mengumpulkan laporan.

Kepala SD Negeri Sipanjang, H. Hayat, S.Pd saat disambangi di kantornya mengatakan, pihaknya sudah menyusun LPj penggunaan BOS Sekolah SDN Sipanjang, ungkapnya dengan singkat.

” SPJ sudah dibuat oleh Ibu Nur kepsek yang lama kalau untuk tahun ajaran 2013-2014, dan nanti tanggal 10 pada hari selasa besok akan di monef ,” jelas Hayat yang saat ini menjabat kepala SD Negeri Sipanjang.
Namun H. hayat enggan memperlihatkan kebenarannya, kalau memang Lpj BOS tahun ajaran 2013-2014 dan 2014-2015 sudah dibuat dan sudah dilaporkan.

Terpisah, H. Udin Jaenudin, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) saat diwawancara terkait dengan ada tidaknya SPJ BOS SD Negeri Sipanjang Kewenangan Disdik Kecamatan mengatakan, “Kami hanya menginformasikan tentang pencairan dana BOS kepada masing-masing kepala sekolah, dan mengumpulkan SPJ dari penggunaan dana tersebut,” akunya, usai rapat internal antar sekolah Se – UPT Tanara.

Dikatakannya, untuk LPj BOS itu nanti akan di monev (monitoring dan evaluasi) tanggal sepuluh hari Selasa Besok di tiap-tiap sekolah, dan setelah dimonev segera menyerahkan fhoto kopian LPjnya.

”kita coba lihat saja nanti buat atau tidaknya pada tanggal 10 hari selasa besok. Saya akan panggil kalau sekiranya belum menyelesaikan administrasinya,” jelas jaenudin.

Teja – Kontributor Banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *