371 Usulan di Musrembang Tingkat Kec.Tanjung Agung

Foto : Aldo/BINPERS Kegiatan Musrembang di Kecamatan Tanjung Agung,Kab.Muara Enim, kemarin (10/2)
Foto : Aldo/BINPERS
Kegiatan Musrembang di Kecamatan Tanjung Agung,Kab.Muara Enim, kemarin (10/2)

Tanjung Agung, SUMSEL (BINPERS.COM) – Pemerintahan Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (10/2) kemarin bertempat di Kantor Camat setempat menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) untuk tahun 2016 mendatang. Adapun Tema yang di usung dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Tanjung Agung tahun 2015 yaitu “Percepatan Pembangunan Perdesaan dan Infrastruktur Wilayah,Untuk mewujudkan Muara Enim SMAS Tahun 2013-2018“.

Pada gelaran Musrenbang tersebut, ada sebanyak 371 usulan yang ditampung, dan diperkirakan juga masih akan bertambah hingga seluruh usulan dari Desa tersebut dibawa ke Musrembang tingkat Kabupaten Muara Enim nantinya.

Camat Tanjung Agung, Drs Rahmat Noviar, MSi memimpin langsung rapat tersebut. Dengan dihadiri SKPD Muara Enim yang terkait, serta Sekretaris Bapeda Ir. Tri Hadi. Kemudian dihadiri juga sebanyak 26 kepala desa (Kades), beserta delegasi utusan desa seperti BPD, LKMD dan PKK, serta Unsur Tripika, UPTD, dinas instansi setingkat kecamatan, Sejumlah anggota DPRD dari dapil V(lima), tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda.

Dalam rapat tersebut, usulan desa sebagian besar masih seputar kegiatan perbaikan sarana dan prasarana, seperti perbaikan jalan, siring, jalan setapak, dan perbaikan saluran limbah warga. Selanjutnya sebagian besar kepala desa juga mengusulkan bidang pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan ekonomi produktif. Seperti bantuan pupuk untuk pertanian dan perkebunan, bantuan modal usaha kelompok, dan bantuan modal pertanian maupun perkebunan. Bidang sosial budaya juga masuk dalam perencanaan pembangunan Kecamatan Tanjung Agung kedepannya, seperti pemberian batuan sarana ibadah, dan bantuan korban bencana alam.

Drs Rahmat Noviar MSi, dalam kesempatan itu mengungkapkan, melalui musrembang ini diharapakan percepatan pembangunan pedesaan dan insfraktruktur di wilayahnya terlaksana. Sehingga dapat ikut bekerja membantu Pemkab Muara Enim untuk mewujudkan Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera (SMAS) tahun 2018.

“Memang dari kegiatan infrastruktur, seperti perbaikan jalan desa, jalan setapak di desa diharapkan akan mempermudah warga desa mengeluarkan hasil bumi. Nah dari situ nanti akan mendorong perekonomian warga desa menjadi maju untuk mewujudkan keluarga sejahtera, dan mandiri,” ungkap Camat usai Musrembang kemarin.

Ia mengatakan, hasil musrembang ini nanti akan dibawa ke Musrembang tingkat Kabupaten Muara Enim. Sedangkan untuk pelaksanaan di Kabupaten hingga sekarang masih dalam tahap persiapan. Untuk itu, pihaknya hingga sekarang masih menunggu tambahan usulan yang masuk dari desa maupun masyarakat.

“Jadi usulan-usulan ini nanti kita usulkan juga dalam rapat musrembang kabupaten. Yang rencana bulan Maret depan,” kata Noviar.

Sementara itu, Dunsri, salah satu peserta musrembang asal Desa Lubuk Nipis Kecamatan Tanjung Agung dalam rapat tersebut meminta percepatan perbaikan jalan desa, yang dimulai dari simpang Padang Bindu arah Semendo. Di daerah itu terdapat tebing longsor yang segera membutuhkan perbaikan untuk memperlancar kegiatan warga desa. Usulan tersebut dibuat berdasarkan musyawarah desa bersama BPD desa setempat.

Kontributor BINPERS.COM Muara Enim : Hendro Aldo Irawan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *