UPK Sruweng Optimalkan Fungsi Pokja

Foto: Pengrajin Genteng. Dok.net
Foto: Pengrajin Genteng. Dok.net

Kebumen, JATENG, (BINPERS.COM) – Dengan adanya program pemerintah melalui PNPM, UPK Sruweng dapat menyalurkan dana pemerintah melalui Pokja (Kelompok Kerja) untuk dikelola di masing-masing kelompok. Hal tersebut dikatakan Wakhid, ketua UPK (Unit Pengelola Kegiatan) Kec. Sruweng, Kab. Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2015) lalu.

Dari data yang berjalan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa antara lain, kata Wakhid yaitu Kelompok SPP MAWAR dengan alamat Desa Karang Pule RT 01 RW 01 Kec. Sruweng, Kelompok SPP Karya Usaha dengan Alamat Desa Karang Pule RT 03 RW 02 Kec. Sruweng, dan Kelompok SPP Melati dengan alamat Desa Sidoagung RT 02 RW 03 Kec. Sruweng.

“Diantara produk unggulan kelompok-kelompok ini adalah makanan ringan, kerajinan tangan, aksesoris, dll,” katanya.

Dikatakannya, UPK Sruweng pernah menjadi juara I tingkat provinsi Jawa Tengah Tahun 2014. Juara Nasional tahun 2012 dalam program RPJMDES. Dengan kerjasama masyarakat dengan Deperindag, Kec. Sruweng memiliki 21 desa dan dalam tahun 2014 telah menyalurkan dana bantuan ke kelompok BKAD/POKJA senilai Rp. 6,4 Milyar.

“UPK Sruweng telah menjadi salah satu contoh bagi daerah-daerah yang pernah study banding antara lain Kab, Malang, Batam, Lombok, Kudus, Banyumas, dan kota lainnya,” jelasnya.

Untuk meningkatkan hasil dan mutu, lanjut Wakhid, UPK Sruweng telah menyiapkan show room guna untuk menyalurkan produk-produk unggulan termasuk hak patennya.

“Semoga terjadinya kerja sama dan kekompakan melalui program pemerintah lainnya bisa menjadi inspirasi demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai,” tandasnya. (Nur Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *