Tripika Beri Motivasi Siswa SMAN 1 Lawang Kidul

Tripika Beri Motivasi Siswa SMAN 1 Lawang Kidul
Foto : Camat Lawang Kidul saat memaparkan materi di salah satu kelas di SMAN 1 Lawang Kidul,kamis (29/1)

Tanjung Enim, SUMSEL (BINPERS.COM) – Unsur Tripika dan Kepala UPTD setingkat Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim memberikan motivasi seluruh siswa SMA Negeri 1 Lawang Kidul (SMANSA Laki), Kamis (29/1) pada jam pelajaran ke 5 dan 6 di sekolah negeri tersebut. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Disdikbud Kabupaten Muara Enim melalui Kabid Paudni Drs Winarto MM, yang ikut mendukung kegiatan tersebut.

Hadir dalam acara itu, Camat Lawang Kidul Drs Asarli Manudin MSi, Sekretaris Camat H Sapranudin BBA, Kapolsek AKP Herli Setiawan SH MH, Danramil Kapten Sitohang, Ka UPTD Kebersihan M Umar Toyib, Ka UPTD Dishub Aidil Makmur, UPTD Pasar Zulkifli, UPTD Puskes dr Maisaroh, KUA Jalaludin SAg, UPTD Disdik Heri Candra SPd, UPTD KB Ana Susita SE, Dispenda Anadelina, PKM dr Thipo Adiani, dan lainnya.

Drs Asarli Manudin MSi, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Tripika dan UPTD mengajar ini bertujuan untuk memberikan motivasi pelajar supaya semangat meraih cita-cita. Kata dia, kegiatan ini tidak ada maksud untuk merubah maupun mengganggu kegiatan belajar siswa yang sedang belajar di kelas. Sebelumnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan maupun SMAN 1 Lawang Kidul untuk melaksanakan program ini.

“Kegiatan ini sudah kita bicarakan dengan pihak Diknas, bahwa kami rombongan Tripika dan UPTD mempunyai program mengajar yang tujuannya untuk memotivasi siswa supaya lebih giat belajar lagi untuk meraih cita-cita. Ternyata ada beberapa anak yang ingin menjadi camat seperti saya,” ungkap Camat Lawang Kidul itu usai kegiatan.

Saat mengajar, Ia mengakui bahwa perjuangan seorang guru untuk mencerdaskan anak bangsa itu tidak mudah. Menurutnya, guru harus sabar dalam menghadapi siswa dan terus menambah ilmu pengetahuannya setiap saat.

“Ternyata menjadi guru itu tidak mudah, harus pintar berkomunikasi dan terus menambah ilmu-ilmunya. Saya baru 2 jam didalam kelas saja merasa tidak enjoy,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Lawang Kidul, Drs Subhan MSi, menerima baik kunjungan rombongan Tripika dan UPTD Se-Kecamatan Lawang Kidul tersebut. Kegiatan ini, menurut Subhan, masuk dalam kegiatan kelas inspirasi yang diadopsi dari ‘Program Indonesia Mengajar’ yang di gagas Mendiknas Anis Baswedan beberapa waktu lalu.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan menginspirasi anak-anak untuk meraih cita-cita. Karena yang mengajar kali ini para pejabat, seperti Camat, Kapolsek, Danramil, dan kepala-kepala UPTD yang ada di Kecamatan Lawang Kidul,” kata Subhan kepada BINPERS.COM.

Ia mengungkapkan, tanggung jawab pendidikan sebenarnya tidak hanya pada guru di sekolah semata. Namun, imbuhnya, pendidikan ini juga tanggung jawab orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Jadi menurutnya, pengawasan siswa menjadi tanggung jawab kita semua seluruh unsur tersebut.

“Kami minta kepada semua, jika ada siswa kami nakal di lingkungan masyarakat mohon ditegur dan dinasehati. Nanti disekolah juga ada tindak lanjutnya,” tegas Subhan.

Kontributor BINPERS.COM Muara Enim : Hendro Aldo Irawan

 

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment