Ormas Manggala Serbu BPJS Cabang Bandung

demo manggalaBandung, (BIN) – Ratusan massa dari Ormas Manggala Garuda Putih menyambangi kantor Cabang Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kota Bandung Jalan Pelajar Pejuang 45 nomor 66, Kota Bandung, Selasa (08/1/2014).

Aksi damai massa dari Ormas Manggala Garuda Putih di kantor BPJS ini untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang merasa dipersulit dalam pengurusan dan pelaksanaan jaminan kesehatan, padahal mereka tergolong masyarakat dengan ekonomi lemah. Hal ini sangat bertentangan misinya yaitu negara untuk memenuhi hak konstitusional setiap orang atas jaminan sosial dengan menyelenggarakan program jaminan yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan diiringi irama musik “pencak silat” khas Jawa Barat (Sunda), beberapa Ketua DPC dan Panglima Komandan Garis Depan (Dan Garda), serta para ketua PAC Kota dan Kabupaten Bandung menyuarakan kekecewaannya terhadap para oknum yang diduga menyalahgunakan aturan BPJS, sehingga berdampak pada masyarakat kecil peserta BPJS.

“Pecaaaaaat oknum-oknum yang menyalahgunakan BPJS yang telah menyengsarakan rakyat. Lamun bisa mudah… ulah dipersulit !” ujar salah seorang orator Manggala Garuda Putih di depan ratusan massanya dan disambut dengan teriakan, “Pecaaatttttt !!!”.

Menurutnya, Ormas Manggala Garuda Putih adalah satu-satunya Ormas yang peduli terhadap penderitaan masyarakat, khususnya di Jawa Barat.

“Kami memperjuangkan penderitaan rakyat dengan ikhlas, tanpa dibayar. Hidup Manggala !!” teriak salah seorang juru bicara Ormas Manggala.

Berselang beberapa jam, pihak BPJS Cabang Kota Bandung akhirnya menemui para demonstran serta memanggil beberapa anggota Ormas Manggala untuk dengar pendapat. Sehingga dari pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan bahwa pihak BPJS akan memperhatikan semua keluhan masyarakat terkait masalah pelayanan yang dinilai menyulitkan beberapa peserta BPJS. Sedangkan, jika terjadi keluhan di masyarakat maka pihak Manggala siap untuk memfasilitasinya.

Perlu diketahui, setiap peserta BPJS dibebani dengan biaya Rp 25,5 ribu per jiwa per bulan untuk kelas III. Sedangkan kelas II sebesar Rp 42,5 ribu, dan kelas I yakni Rp 59,5 ribu per jiwa per bulan. (Lucky/Dedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *