BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Longsor Sering Terjadi di Desa Teratai

longsor di sungai batanghariMUARA BULIAN, Jambi (BINPERS) – Akibat hujan deras beberapa hari ini mengakibatkan terjadinya longsor di RT 03 kelurahan Teratai, tepatnya pas didepan rumah Sobar alias Daeng. Tanah tersebut hanyut mengalir menurut aliran air Batanghari serta merobohkan 3 pohon kelapa dan tanaman yang lainnya, juga mengancam rumah penduduk, mushola, pemakaman umum, serta kantor pol air lainnya yang berada di sisi sungai Batanghari.

Menurut Muhi, Romainir, Muhtar yang selaku anggota toko masyarakat RT 03 kelurahan teratai saat dikonfirmasi dari tim Berita Investigasi Nasional mengatakan, peristiwa itu terjadi pada hari kamis malam jumat, pekan lalu, sekitar jam 00.00 wib. Pada malam itu, kata dia, bertepatan keluarga Sobar alias Daeng baru usai mengadakan acara cukuran keponakannya.

Pantauan BINPERS.COM, kondisi di lapangan membenarkan, longsor tersebut cukup jauh. Ini terlihat dari pucuk kelapa yang tenggelam hingga sudah belasan meter ke arah sungai batang hari. Bahkan longsor tersebut sudah hampir memakan badan jalan untuk menuju perkampungan desa olak, Singoan, Aro, Sungai Baung, dan Bajubang Laut. Akibat banjir tersebut, meninggalkan bekas yang menjolok kedalam dengan lubang bagian dalam. Hal ini dikhawatirkan bila ada yang berdiri di ujung tanah serta diguyuri hujan susulan akan mengakibatkan terjadinya kembali longsor susulan.

Jika pemerintah setempat tidak cepat mengatasi peristiwa ini, maka akan terputus badan jalan untuk menuju kampung sebelah.

Muhi beserta tokoh masarakat lainnya di kelurahan Teratai berharap supaya ada penyelesaian dari pemerintah setempat, “biar tidak terjadi lagi longsor susulan. Apakah harus diturap atau dengan cara lainnya,” ujarnya.

Tapi, ungkapan senada kembali dari tokoh masyarakat lainnya di kelurahan Teratai menyarankan, lebih baik diturap supaya tidak terjadi lagi longsor susulan. (jhp.Effendi hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *