Launching Buku Diskursus Politik Lokal Karya Romo Max Regus

Menghadirkan Empat Bakal Calon Bupati Manggarai

IMG_20150117_112606Manggarai-NTT, (BINPERS.COM) – Peluncuran atau launching buku dengan judul “Diskusus Politik Lokal” karya Romo Max Regus,Pr dihadiri Oleh empat bakal calon bupati yang dilaksanakan pada hari sabtu (17/01/2015). Kegiatan ini cukup menyedot perhatian kaum akademisi di kota Ruteng ibukota Kabupaten Manggarai dan tak ketinggalan hadir pula dalam acara tersebut adalah para kandidat yang telah menyatakan kesiapannya untuk bertarung dalam konstelasi politik pilkada Manggarai. Adapun para kandidat yang hadir adalah Deno kamelus, Hery Nabit, Maksi Ngkeros dan Sil Baeng.

Acara peluncuran yang dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai Drs. Christian Rotok ini, berlansung di Aula Ranaka Kabupaten Manggarai. Rotok, dalam sambutannya mengajak peserta yang hadir untuk mengikuti dengan sungguh acara peluncuran buku tersebut. Rotok juga menambahkan agar para kandidat menjadikan buku yang diluncurkan sebagai referensi dalam membangun daerah kedepan.

Setelah acara dibuka secara resmi, para peserta kemudian diarahkan untuk menyimak proses pengenalan gagasan oleh penulis buku Romo Max Regus. Regus dalam sambutannya mengaku sangat bangga bisa meluncurkan buku diantara para akademisi dan juga kandidat Bupati Manggarai. Regus berharap buku yang ditulisnya bisa menjadi alat percakapan politik para akademisi dan juga politisi di Manggarai kedepan.

“ Saya berharap semoga buku ini bisa menjadi alat percakapan demokrasi di daerah ini dan para masyarakat bawah juga bisa memahami konsep baru berpolitik kedepan,” kata Regus dalam sambutannya.

Acara yang dilanjutkan dengan dialog ini berlansung menarik dan dinamis. Hendrikus Do yang memoderasi diskusi menawarkan para kandidat untuk memberi komentar atas isi buku tersebut.

Hery Nabit yang menjadi komentator pertama mewakili kandidat menyoroti tiga poin diantaranya institusi yang ideal, keterbelakangan ekonomi NTT dan juga partisipasi sosial politik yang tidak hanya ditunjukan pada pemilu. Sementara Kandidat lain yaitu Maxi Ngkeros dalam komentarnya hanya mengamini keseluruhan isi buku tanpa memberi komentar dari perspekitf pribadinya.

Deno Kamelus yang juga calon Petahana (sekarang masih menjabat sebagai wakil bupati manggarai), dalam komentarnya menyebutkan pentingnya peran institusi Politik dalam membangun daerah, selain itu Deno juga memberikan masukan kepada penulis untuk terus melaksanakan riset yang fokus pada kondisi lokal setempat.

Kandidat terakhir Silvester Baeng fokus menyoroti institusi budaya yang mesti sinkron dengan institusi pemerintahan. Baeng juga menyarankan agar para kandidat berpolitik santun layaknya cara berpolitik orang Manggarai.

Daikhir acara, seorang peserta hadir yang juga Aktivis Mahasiswa Aventrianus Sangkur menyoroti dengan cukup menarik mengenai sampul buku yang diilustrasikan dengan permainan catur. Aven dalam sorotannya menyatakan simbol permainan catur adalah gambaran pertarungan politik lokal yang tidak jarang mencipatakan ekses besar pasca pemilukada berlansung.

Acara peluncuran ini berlansung alot dan berkahir pada pukul 14.00 WITA.

ELVIS YUNANI ONTAS, Kontributor MANGGARAI

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment