Kapolri Lantik Kapolda Banten dan Kapolda Papua Barat

Kapolri lantik kapolda banten dan papuaJakarta – Kapolri Jenderal Polisi Sutarman melantik Kapolda Papua Barat Brigjen Paulus Waterpauw dan Kapolda Banten Brigjen Boy Rafli Amar‎. Pelantikan Kapolda Papua Barat tersebut adalah yang pertama kalinya. Acara pelantikan tersebut digelar di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

‎Dalam sambutannya, Sutarman menekankan kepada keduanya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas dengan baik, memperkuat jaringan, serta mengimplementasikan kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat.

Sutarman berpesan kepada Boy Rafli untuk memahami bahwa Banten merupakan penyangga dan pintu gerbang menuju Ibukota Negara. Dengan posisi tersebut, menjadikan Banten berpotensi rawan terjadi penyelundupan baik barang maupun manusia.

“Pelajari potensi konflik horizontal, setiap tahun terjadi arus mobilisasai lebaran yang memerlukan penanganan konferehensif. Tentang kerawanan, lakukan langkah antisipasi melalui penguatan fungsi intelijen dan masyarakat‎,” kata Sutarman, Jumat (9/1/2014).‎

Sutarman juga berpesan kepada Paulus, bahwa Polri memberikan kepercayaan kepada Paulus yang menjadi kapolda pertama di wilayah tersebut. Jabatan tersebut harus menjadi amanah sebagai motivasi tinggi dalam bertugas.

“Organisasi (Polri) telah memberikan kepercayaan kepada Anda, siapkan segala sesuatu untuk mendukung kinerja tugas yang mana tantangannya spesifik di wilayah itu,” harap dia.

“Saya harap Anda bisa terus pantau putra-putra terbaik daerah yang memiliki potensi unggul, untuk dapat direkrut menjadi anggota Polri. Maka dengan upaya-upaya tersebut diharapkan Polri bisa jadi motor penggerak bagi tercapainya percepatan pmbangunan di wilalyah Papua Barat‎,” tandas Sutarman.

Selain melantik Kapolda Papua Barat yang pertama dan Kapolda Banten, dilakukan juga serah terima jabatan Kapolda Banten dari Brigjen M Zulkarnaen kepada Brigjen Boy Rafly Amar yang sebelumnya menjadi Karo Penmas Mabes Polri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *