Desa Ber-Website Pertama di Jawa Tengah

Peluncuran Website Desa dan Penandatanganan Prasasti Bupati Pati, H. Haryanto
Peluncuran Website Desa dan Penandatanganan Prasasti Bupati Pati, H. Haryanto

Pati, JATENG, (BINPERS.COM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melaunching (peluncuran) operasional jaringan komunikasi data desa (web online) untuk seluruh desa di Kabupaten Pati. Acara launching dipusatkan di Kantor Desa Regaloh Kecamatan Tlogowungu, pada menjelang pergantian tahun. Dengan tahap pertama sebanyak 21 desa sebagai perwakilan setiap kecamatan, dihadiri oleh Bupati Pati H. Haryanto, Kepala Bapermades (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Mochtar, SIP dan Kepala Kandukcapil (Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Dadik Sumarji, para camat dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Bapermades Mochtar mengatakan pembuatan jaringan online data desa itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan Pendayagunaan Profil Desa dan dibiayai oleh APBD-P Tahun 2014, dengan alokasi sebesar 200 juta rupiah. Lebih lanjut, Kepala Bapermades mengatakan bahwa kegiatan operasional jaringan tersebut sebagai bentuk koordinasi dan integrasi antara Bapermades dengan Disdukcapil berjaringan area network.

“Ini menjadi pilot project sebagai salah satu media untuk menunjang percepatan pembangunan desa. Dan ini yang pertama di Jawa Tengah,” terang Kepala Bapermades disambut tepuk tangan para hadirin.

Proyek itu juga bertujuan untuk memberi informasi terkait profil desa dan potensinya secara online. Namun pihaknya untuk 2015, baru bisa melaunching 21 desa terdiri Desa Blaru Kecamatan Pati, Pegandan-Margorejo, Regaloh-Tlogowungu, Bageng-Gembong, Genengmulyo-Juwana, Kuniran-Batangan, Kadilangu-Trangkil, Margorejo-Wedarijaksa, Jakenan-Jakenan, Sidoluhur-Jaken, Sugihan-Winong, Tretek-Puncakwangi, Kalikalong-Tayu, Pohijo-Margoyoso, Jepalo-Gunungwungkal, Gerit-Cluwak, Banyutowo-Dukuhseti, Talun-Kayen, Mojomulyo-Tambakromo, Gebang-Gabus, dan Prawoto-Sukolilo.

Bupati Pati H. Haryanto dalam pidantonya mengatakan, saat ini teknologi informasi tidak lagi menjadi sebuah keinginan namun sudah menjadi kebutuhan. Untuk itu staf atau aparat desa harus mampu meningkatkan sumberdaya bidang teknologi dan informasi “ Desa harus berbenah, dengan adanya kemajuan teknologi, desa yang bersangkutan akan mampu meraih kemajuan karena profil dan potensi desa dapat diinformasikan secara online.” terang bupati. Ia menambahkan Pemkab Pati akan memfasilitasi jaringan di 21 kecamatan secara merata, sebagai desa percontohan di masing-masing kecamatan. Dan tahun berikutnya secara bertahap untuk desa-desa yang belum mendapatkan. Bupati berharap, jaringan online yang menampilkan profil dan potensi desa itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Launching tersebut ditandai dengan penekanan tombol online jaringan oleh Bupati H. Haryanto dilanjutkan pemaparan tentang profil dan potensi Desa Regaloh serta penandatangan prasasti diresmikannya penggunaan gedung kantor desa setempat. Kepala Desa Regaloh Suwarno kepada BIN mengatakan ia merasa sangat bersyukur karena di tahun pertama masa jabatannya sudah mampu mewujudkan gedung kantor desa yang representatif. “Selaku kepala desa saya berharap dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama membangun desa. Dengan website dan gedung baru ini lebih dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat.” tutur Suwarno Kepala Desa Regaloh menutup keterangnnya. (Indro-BIN)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment