Wakasad Buka Kejurnas Yong Moo Do Kasad Cup 2014

kasad cupBALIKPAPAN, (BIN) – Wakil Kepala Staff Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI M Munir membuka langsung Kejurnas Yong Moo Do Kasad Cup 2014 yang berlangsung di gedung Dome, Rabu (17/12/2014).

Tiba sekitar pukul 10.00, Wakasad yang mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) langsung didaulat memimpin jalannya upacara pembukaan.
Pembukaan sendiri secara simbolis ditandai dengan penyematan pin yang dilakukan oleh Wakasad kepada perwakilan peserta.

Sebelumnya sesuai rencana, pembukaan Kejurnas ini akan dilakukan langsung oleh Kasad, Jendral TNI Gatot Nurmantyo, namun karena berhalangan maka wewenangnya dialihkan kepada wakilnya.

Pembukaan Kejurnas ini juga dihadiri oleh sejumlah aparat terkait seperti, Pangdam VI/Mulawarman, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi dan Presiden Yong Moo Do Internasional, Kim Byun Chun.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Letjen TNI M Munir meminta seluruh peserta mengutamakan aspek sportivitas dan keselamatan selama mengikuti Kejurnas Yong Moo Do Piala KSAD IV yang berlangsung pada hari ini.

Pernyataan tersebut diungkapkan usai memimpin jalannya upacara pembukaan Kejurnas Yong Moo Do di gedung Dome.
“Memperhatikan faktor keselamatan sehinggga setiap pertandingan dapat berlangsung tanpa terjadi kecelakaan,” katanya.

Kejurnas Yong Moo Do kali ini sendiri diikuti 45 atlet yang berasal dari 27 kontingen, dimana delapan diantaranya berasal dari Pengcab-Pengcab yang telah membentuk kepengurusan Yong Moo Do di Indonesia. Usai dibuka langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Kejurnas Yong Moo Do langsung mempertandingkan semua kelas yang dilombakan.

Koordinator Umum Kejurnas Yong Moo Do, Kolonel Inf Abdu Ras mengatakan, dari 17 kelas yang dilombakan hari ini seluruhnya akan mempertandingkan babak penyisihan,Seluruh babak penyisihan sesuai jadwal memang sengaja dihabiskan pada hari ini sehingga esok hari tinggal menyisakan babak final.

Dari 17 kelas yang dipertandingkan pada Kejurnas ini terdiri dari delapan kelas perseorangan putra, empat kelas perseorangan putri, dan lima kelas untuk kelas beregu.

Pangdam VI/Mulawarman mengakui, selama ini olahraga beladiri Yong Moo Do sudah dikenal di lingkungan TNI dan menjadi peragaan dan demo para prajurit setiap ada acara di event-event TNI.

Dia mengaku akan memegang teguh amanah sebagai ketua pengprov dan siap memajukan olahraga tersebut di Kalimantan Timur.

“Ini olahraga yang luar bisa, selain untuk kebugaran fisik namun juga untuk beladiri dan yang terpenting adalah olahraga ini menjadi pembentukan watak serta karakter pemuda sebagai cerminan bangsa. Nanti kita harapkan akan lahir atlet-atlet yang berprestasi pada cabang olahraga ini,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam dan Walikota Balikpapan mendapat kesempatan memakai baju Yong Moo Do dan langsung dari kehormatan oleh Presiden Asosiasi Yong Moo Do Internasional Kim Byung Chun.
(abt/akn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *