Tujuh PBS Belum Lunasi Dana Konsorsium

“Untuk Membangun Jalan Sampit – Bagendang Sepanjang 3.618 Meter Yang Menelan Dana Puluhan Miliar Rupiah”

 

General Manager PT. Pelindo III ( Persero ) Cabang Sampit, Gusti Chairuddin
General Manager PT. Pelindo III ( Persero ) Cabang Sampit, Gusti Chairuddin

Sampit-Kalteng, (BIN) – Perbaikan ruas jalan Sampit – Bagendang yang menggunakan dana Konsorsium miliaran rupiah yang berasal dari 19 Perusahaan Besar Swasta (PBS) dan 1 BUMN PT. Pelindo III (Persero) Cabang Sampit saat ini masih terus berlangsung.

Pantauan Awak media ini kurang lebih 600 meter jalan tersebut belum klar dan masih terus dikerjakan.

Informasi yang berhasil dihimpun Wartawan Tabloid Berita Investigasi Nasional (BIN) bahwa hingga tanggal 17 Desember 2014 ada 7 PBS yang belum melunasi dana Konsorsium dari 19 PBS dan 1 BUMN sesuai dengan kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurut General Manager PT. Pelindo III ( Persero ) Cabang Sampit Gusti Chairuddin kepada Awak Media pada (17/12) di Kantornya bahwa  dari tujuh PBS yang belum melunasi dana Konsorsium , ada tiga diantaranya bahkan belum ada yang bayar sama sekali,dan ada empat yang sudah membayar namun belum lunas,” ujar Gusti.

“Keempat perusahaan yang belum lunas tersebuat adalah  PT.AGRO INDOMAS, PT. HUTAN SAWIT LESTARI, PT. TUNAS AGRO SUBUR KENCANA dan PT.WINDO NABATINDO UTAMA, sementara itu ada tiga perusahaan yang sama sekali belum bayar adalah PT.BUMITAMA GUNAJAYA ABADI, PT. BISMA DHARMA KENCANA dan PT.BUMI HUTAN LESTARI,” jelas Gusti.

“ Menurut hasil Konfirmasi dari Pihak PT.Bumitama Gunajaya Abadi bahwa mereka ini hanya beroperasi di Kobar dan bukan di Kotim sehingga tidak melintasi jalan Sampit – Bagendang, namun kami sarankan untuk agar mereka memberikan klarifikasi ke Pemprov Kalimantan Tengah,” terang Gusti.

“Untuk PT.Bisma Dharma Kencana mereka menyampaikan bahwa Surat untuk dana Konsorsium inni belum sampai kepada pimpinan mereka, jika sudah diterima mereka menyatakan akan membayar, sedangkan untuk PT. BUMI HUTAN LESTARI sama sekali tidak ada kontak dengan kita ,” ungkap Gusti.

“Hingga tanggal 8 Desember 2014 yang lalu dari data yang ada dana Konsorsium yang terkumpul untuk perbaikan jalan Sampit – Bagendang sebesar Rp. 21.936 miliar, sedangkan uangnya dipergunakan untuk perbaikan jalan tersebut dari target 3.618 meter, saat ini yang sudah terselesaikan mencapai 3.050 meter dengan alokasi anggaran mencapai Rp. 21.628 miliar rupiah, sehingga panjang ruas jalan yang tersisa untuk diperbaiki sekitar 518 meter, yang diperkirakan memerlukan biaya sekitar 4 miliar rupiah, jika seluruh PBS yang belum melunasi dana Konsorsium ini secepatnya membayar, dana tersebut mungkin sudah cukup untuk melanjutkan perbaikan ini sampai selesai,” tutup Gusti. (Nato)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *