Proyek Jalan Langana Touna Terbengkalai

Proyek Jalan Langana TounaTojo Una-una, Sulteng (BIN) – Realisasi proyek jalan Langana desa Padang Tumbuo kabupaten Tojo Una-una yang mengunakan APBN 2013 sekitar Rp 1,9 miliar hingga saat ini belum juga bisa digunakan masyarakat setempat. Pasalnya, proyek yang dikerjakan CV.JAYA BAKTI sampai saat ini tidak bisa dilewati sama sekali karena sebagaian badan jalan banyak yang longsor. Padahal jalan tersebut merupakan jalur menuju kantong-kantong produksi.

“Sunggguh memperhatikan, jika kondisinya seperti ini sama saja menghamburkan-hamburkan keuangan Negara karena tdk memberikan memberikan azas manfaat terhadap masyrakat,” kata salah seorang anggota LSM setempat Habib Muhammad kepada media ini.

Ia menilai semua ini akibat lemahnya pengawasan dari dinas terkait serta perencanaan yabg sangat tidak matang. “Jika perencanaan matang, pengawasan maksimal serta kinerja perusahaan sangat profesional, tidak mungkin hasil serta kualitas pekerjaan bisa sangat terbengkalai seperti ini,” kata Habib, menyesalkan sikap serta kinerja perusahaan yang terkesan hanya mengejar volume pekerjaan ketimbang kualitas pekerjaannya.

Pihaknya menemukan material yang digunakan tidak sesuai sama sekali dengan rencana anggaran belanja ( RAB ), seperti penggunaan kayu yang tidak berkualitas. Makanya tidak beralasan jika pemerintahan desa melalui kades Padang Tumbuo Muhammad Parla, mantan kades Rahim Rimpa serta ketua BPD desa Padang Tumbuo Mursalin A.R Sambuku melakukan protes dan meminta kiranya proyek jalan ini mendapat perhatian serius baik pemerintah kabupaten serta pemerintah pusat.

“karena mereka melihat di beberapa titik jalan yang usai dikerjakan sudah longsor serta pelebaran jalan sangat-sangat kurang,” kata Habib menambahkan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Touna Aspan Supu yang dihubungi via telepon tidak memberikan tanggapan termasuk ketika dihubungi via short massage service (SMS ) juga tidak membalasnya. Begitupun dengan Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) juga tidak sama sekali memberikan tanggapan saat dikonfirmasi via telepon juga. (Agus Cokro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *