Jelang Natal Dan Tahun Baru, Antisipasi Miras Masuk Balikpapan

mirasBALIKPAPAN, Kaltim, (BIN) – Menjelang perayaan Natal tahun 2014 dan tahun baru 2015, pihak kepolisian mulai gencar melakukan razia di sejumlah pintu masuk Balikpapan melalui jalur laut. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya minuman keras (miras) illegal dan miras tradisional yang biasa dipasok dari luar daerah. Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang di setiap kapal yang tiba di pelabuhan Semayang.

Polisi tidak hanya melakukan pemeriksaan kapal yang mengangkut kendaraan dari luar daerah, tetapi juga melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang asal luar daerah yang masuk ke Balikpapan. Salah satunya razia dilakukan pada kapal KM Bukit Siguntang.

“Razia ini sebenarnya rutin, namun saat ini kita lebih tingkatkan untuk mengantisipasi masuknya miras-miras tradisonal,” terang Kapolsek Semayang Komplo Tigor P Sihotang. Dari razia yang dilakukan terhadap barang bawaan penumpang, tiga orang sempat diamankan di Mapolsek Semayang karena kedapatan membawa puluhan liter miras tradisional jenis Moke yang diduga berasal dari Maumere.

“Total miras yang berhasil kita sita berjumlah 79 liter yang terbagi dalam sejumlah kemasan diantaranya 33 botol ukuran 1,5 liter dan 6 jeriken ukuran 5 liter,” beber perwira berpangkat satu bunga di pundak. Ketiga pemilik miras yaitu Petrus Nong (47) warga Iligetang RT 16 Kelurahan Beru, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Paulus P (40) warga Desa Suweto, Kelurahan Muara Samu, Kabupaten Paser, dan Vanbasten Magang Awang (21) warga jalan Air Mama RT 6 Kelurahan Aramba, Kecamatan Pantar Tengah, Kabupaten Alor, NTT.

“Ketiganya kita beri pembinaan dan membuat surat pernyataan untuk tidak lagi membawa miras dari luar daerah,” pungkasnya. Dari pengakuan ketiga penumpang dirinya membawa miras tersebut hanya untuk dikonsumsi sendiri dan sebagai oleh-oleh karena baru datang dari kampung. “Buat oleh-oleh saja mas, tidak untuk di jual,” kilahnya. Apapun alasanya pihak kepolisian tetap menyita puluhan liter miras jenis Moke tersebut.

Saat ini miras hasil razia diamankan di Mapolsek Semayang untuk nantinya akan di musnahkan. Tigor menegaskan pihaknya akan terus berantas masuknya peredaran miras illegal yang masuk ke Balikpapan melalui jalur laut. “Kita akan terus gencarkan razia seperti ini, tidak ada tebang pilih dapat langsung angkut bawa ke kantor,” tegasnya.(abd/akn)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment