Hapalan Doa Meriahkan Tutup Semester TK Atrasita

Foto : Aldo/BINPERS Anak-anak TK Antrasita Tanjung Enim tampil menghapal doa-doa sehari di hadapan para orang tuanya
Foto : Aldo/BINPERS
Anak-anak TK Antrasita Tanjung Enim tampil menghapal doa-doa sehari di hadapan para orang tuanya

TANJUNG ENIM, SUMSEL (BIN) – Puluhan anak TK Antrasita Tanjung Enim memeriahkan kegiatan tutup semester ganjil dengan unjuk kebolehan menghafal doa sehari-hari di halaman sekolah setempat. Acara tersebut dimaksudkan sebagai unjuk kebolehan selama 6 bulan siswa belajar di sekolah. Usai pertunjukan, seluruh siswa menerima hasil belajar semester ganjil di kelas masing-masing.

Kepala TK, Kantun SPd Aud, kepada BINPERS mengatakan, kegiatan unjuk kebolehan tersebut merupakan salah satu kegiatan setiap akhir semester. Kata dia, yang dibarengkan dengan pembagian raport hasil belajar selama 1 semester.

“Dalam tutup semester ini kami menghadirkan kebolehan siswa menghapal doa sehari-hari di hadapan orang tuanya. Baik itu dari Kelompok Bermain (KB) maupun TK,” kata Kantun di sela-sela pentas.

Dikatakannya, kali ini seluruh sentra ditampilkan sekitar 7 kelompok, anak mulai dari KB, TK A dan TK B. Hampir 100 siswa TK dan siswa KB terlibat dalam kegiatan tersebut. Unjuk kebolehan tersebut diantaranya membaca doa akan makan, ayat kursi, al-fatihah, doa masuk WC, doa untuk kedua orang tua, dan doa yang lain. Dalam kegiatan itu, seluruh siswa menggunakan busana muslim untuk menyelaraskan dengan kegiatan yang dilaksanakan.

“Hapalan doa tersebut tidak ada persiapan sebelumnya, karena siswa sudah hapal dan dilakukan setiap hari di sekolah. Dengan pentas tersebut supaya orang tua mengetahui sejauh mana kemampuan anak-anak dalam bidang keagamaan. Selain itu melalui pentas tersebut akan mengajarkan anak untuk berani tampil di depan umum. Itu akan menjadi bekal anak-anak ketika besar nanti,” Ujar Kantun.

Ditambahkannya, Kemampuan anak dalam mengekspesikan kemampuan lewat pentas tersebut membuktikan para siswa memahami apa yang telah diajarkan oleh para guru. Diakui, kegiatan keagamaan di TK Antrasita Tanjung Enim sangat diutamakan untuk membentuk karakter anak beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Banyak hal yang didapat ketika anak-anak mau tampil di hadapan banyak orang. Salah satunya menambah kepercayaan diri,” pungkasnya.

Kontributor BINPERS Muara Enim : Hendro Aldo Irawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *