30 Siswa Rabbani Study Tour ke Objek Wisata Cuhup Tenang Bedegung

Foto : Aldo/BINPERS Para Siswa/i dan Guru SD-IT Rabbani Muara Enim Tengah Berfose Bersama Camat Tanjung Agung, Drs.Rahmat Noviar Msi Sebelum Melakukan Kegiatan Arung Jeram
Foto : Aldo/BINPERS
Para Siswa/i dan Guru SD-IT Rabbani Muara Enim Tengah Berfose Bersama Camat Tanjung Agung, Drs.Rahmat Noviar Msi Sebelum Melakukan Kegiatan Arung Jeram

Tanjung Agung, SUMSEL (BIN) – Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang alam dan lingkungan, sebanyak 30 siswa bersama 15 tenaga pengajar Yayasan Rabbani Muara Enim, melakukan wisata edukasi ke Objek Wisata Air Terjun Cuhup Tenang di desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, akhir pekan kemarin (20/12).

Kehadiran para siswa yang berkunjung ke salah satu objek wisata andalan kabupaten Muara Enim itu, di sambut oleh Camat Tanjung Agung, Drs. Rahmat Noviar MSi bersama Kepala UPTD Bedegung Juhartono SE. Bermacam agenda kegiatan di lakukan oleh para siswa kelas VI tersebut setelah usai pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) sebelumnya hingga dilanjutkan dengan kegiatan Study Tour.

Selama hampir satu hari di objek wisata bedegung tersebut, para siswa melakukan berbagai kegiatan diantaranya, diawali dengan bermain di lingkungan alam sekitar air terjun, kemudian melakukan kegiatan yang lebih menantang undernalin yaitu arung jeram dengan menjajal perahu karet dan melewati rute pemula sepanjan 100 meter, lalu setelah itu bersantai sembari memancing ikan di kolam milik UPTD Dinas Perikanan yang berlokasi masih di area kawasan wisata bedegung dan di akhiri dengan makan siang bersama di saung di sekitar kolam pemancingan, sembari mencicipi buah durian khas asli Tanjung Agung.

Ketua Yayasan Rabbani, Ust. Syahril yang juga pemimpin rombongan Study Tour kepada BINPERS yang menjumpainya di lokasi kegiatan menerangkan, kegiatan yang mereka lakukan adalah kegiatan yang sifatnya dilakukan di luar sekolah dan sudah menjadi agenda rutin yayasan sekolah di setiap akhir tahun pelajaran untuk melakukan Study tour ke luar daerah.

Suasana Arung Jeram di Objek Wisata Cuhup Tenang desa Bedegung, Kab.Muara Enim, SumSel
Suasana Arung Jeram di Objek Wisata Cuhup Tenang desa Bedegung, Kab.Muara Enim, SumSel

“Sebetulnya tujuan awalnya ingin ke luar provinsi,yaitu ke kepulauan Bangka Belitung (Babel). Tetapi di urungkan mengingat ada tawaran dari salah satu orang tua (wali) siswa kami yang kebetulan seorang pejabat camat di wilayah Tanjung Agung yaitu pak Rahmad Noviar, makanya kami langsung setujui tawaran tersebut,” kata Syachril.

Lebih lanjut kata Syachril, Selama berada di Objek Wisata Air Terjun Cuhup Tenang Bedegung itu, anak-anak didiknya memperoleh penambahan pengetahuan dan wawasan tentang alam dan lingkungan di sekitar,seperti mengenal keindahan panorama alam yang ada, belajar mandiri dan bekerjasama, belajar patuh, mengenal banyak nama-nama ikan, serta membiasakan untuk bersikap hidup bersih yakni dengan cara membuang sampah pada tempatnya, agar tidak merusak ekosistem dan keindahan alam di sekitar objek wisata.

“Nah, jadi kalo kita kaitkan dalam pelajaran di sekolah, kegiatan ini masuk dalam mata pelajaran IPA, karena anak-anak bisa mengenal tentang pelajaran ilmu alam dan sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Agung, Drs.Rahmat Noviar Gumai Msi, menyambut baik dengan kedatangan rombongan siswa/i dan jajaran guru pendamping dari SDIT Yayasan Rabbani Muara Enim ke bedegung.

“Sebagai tuan rumah, kami menyambut baik dan sangat senang sekali dengan kedatangan anak-anak dari SDIT Rabbani Muara Enim. Harapan nya dengan adanya kunjungan yang pertama ini bisa menambah wawasan serta pengalaman yang berharga dan berkesan bagi siswa itu sendiri. Mudah-mudahan kedepannya dapat kembali lagi kesini bersama keluarganya,” harapnya.

Sedangkan Zaki, salah seorang siswa SDIT Rabbani yang ikut dalam kegiatan tersebut mengaku senang dan gembira. Karena menurutnya untuk pertama kalinya bisa mencoba permainan arung jeram di objek wisata Cuhup tenang bedegung tersebut.

“Ya jujur aja kak, pada awalnya aku merasa takut,tetapi akhirnya ketagihan dan sampai mengulang hingga 3 kali. Mudah-mudahan, di tahun-tahun mendatang dapat kembali lagi di objek wisata ini bersama keluarganya,” harapnya dengan nada gembira.

Kontributor BINPERS Muara Enim : Hendro Aldo Irawan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *