TNI Peduli Ketahanan Pangan Nasional

tni rantoMuaro Jambi(BIN)- Puluhan Personil TNI dari Babinsa se Provinsi Jambi bersama Badan Penyuluhan Pertanian(BAPPILU) dan Dinas Pertanian Kabupaten Muaro Jambi, Jumat 7 November 2014 turun bersama ke areal pertanian di Dusun dua Desa Pudak Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.

Puluhan Personil TNI dari Unsur Babinsa ini turun ke areal pertanian melakukan pelatihan bercocok tanam dan cara memupuk yang benar. Dalam Pelatihan tersebut terlihat Pasiter Korem 042-GAPU Mayor Infanteri Vino Onibala melakukan tanam padi pertama didampingi Ketua Diklat padi Angkatan I, Jufriadi Silalahi, Teguh dari Dinas Pertanian Muaro Jambi yang diikuti personil TNI dari unsur Babinsa se Provinsi Jambi.

Menurut Pasiter, Korem 042-GAPU Vino Onibala, Personel TNI ini didatangkan dari Koramil serta Babinsa di Daerah-daerah, agar selepas mereka pulang nanti bisa difungsikan diwilayah masing-masing, ilmu yang mereka dapat bisa diterapkan tentang bagaimana cara menanam padi, palawija dan lainnya.

” ini memang salah-satu program TNI dalam hal ini dimana untuk meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional,” terang Vino.

Melihat luasnya lahan pertanian yang ada di daerah di berbagai Kabupaten di provinsi Jambi yang bisa menjadikan salah satu Provinsi penghasil padi terbesar, sudah selayaknya pemerintah Daerah dan Pusat bersinergi membangun infrastruktur sebagai penunjang pertanian agar tercapai hasil yang maksimal sebagaimana yang dikatakan Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai Swasembada pangan dua tahun kedepan. Bagaimana mungkin Jambi menjadi Penyokong Swasembada tersebut tanpa dibarengi Infrastruktur yang memadai sebab sebahagian besar lahan pertanian daerah ini berharap pada turunnya hujan agar bisa mengairi persawahan mereka. (Ranto)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment