SMK Negeri 7 Muaro Jambi Hanya 2 Orang Guru PNS

wabup-garut-onthelMuaro Jambi, (BIN) – Nasib guru SMK Negeri 7 Muaro Jambi sangat prihatin, yang mana dari 20 orang guru-guru hanya 2 orang guru PNS, sedangkan 18 orang lagi masih tarap Honorarium dan 3 orang menjadi tata usaha. Keadaan murid pada saat ini untuk kelas I sebanyak 71 orang, kelas II ada 80 orang, sedangkan kelas III berjumlah 61 orang.

Akibat tenaga guru/pengajar hanya tenaga honorarium mengakibatkan orang tua murid harus menanggung uang komite Rp 150.000 untuk satu orang dan bagi murid lebih dari satu orang dikenakan Rp 100.000/orang.

Memang masalah uang komite ini, adalah atas persetujuan dari orang tua murid mulai dari bulan September 2014. Pada waktu rapat guru bersama ketua Komite, Agus S, Ketua Komite pada SMK Negeri 7 Muaro Jambi, sangat berbeda. Ketua dan anggota Komite seharusnya dari orang tua murid, namun di SMKN ini Ketua Komite dari Kepala Desa dari unit V.

Menurut Kepala sekolah Musriyanti SPd yang ditemui wartawan BIN ini diruang Kepala Sekolah, Kepala Desa Agus S ini menjadi ketua Komite sudah dari dulu sejak Kepala Sekolah yang lama namun tidak disebut nama orang kepala Sekolahys yang lama tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi Ulil, ketika dihubungi via HP-nya selalu dimatikan. Beberapa orang tua murid yang dihubungi awak media BIN menyatakan masalah mahalnya uang komite di SMK Negeri 7 Muaro Jambi, terpaksa dipatuhi, mereka takut nanti anaknya putus sekolah. Mereka berharap semoga di pemerintahan Peresiden Joko Widodo ini agar semua guru-guru tenaga honorer dapat segera diangkat menjadi PNS dalam waktu dekat ini.

Pantauan media BIN, untuk Kabupaten Muaro Jambi tenaga guru yang mengharapkan uang komite sungguh sangat banyak, mungkin ribuan orang mulai dari tenaga guru Sekolah Dasar s/d SMA Negeri SMK N dan sedrajat. Selain itu juga dari SMP negeri 36 Muaro Jambi juga sangat mengeluh sebab di sekolahnya hanya sebanyak 3 orang menjadi Guru PNS, selebihnya menjadi tenaga honor yang mengharapkan Komite.

Ketika Kepala Unit Pelayan Pendidikan Kecamatan Sungai Bahar Tengah, Juherman SPD dihubungi di ruangan kantornya menyatakan tentang tenaga guru yang honor sudah sangat sering melaporkan kepada Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi. “Semoga ada penerimaan guru-guru PNS untuk Kabupaten Muaro Jambi pada waktu dekat ini,” harapnya.

Melalui berita BIN ini masyarakat Muaro Jambi, khususnya masyarkat Sungai Bahar, mohon kepada Bupati Burhanuddin Mahir SH agar segera mengangkat tenaga Guru-guru dan juga tenaga kesehatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). (JHP/Toni).

Editor Media binpers.com

Berita terkait

2 Thoughts to “SMK Negeri 7 Muaro Jambi Hanya 2 Orang Guru PNS”

Leave a Comment