MTQ ke V Kecamatan Sungai Bahar Selatan Berjalan Lancar

IMG_9997(2)Muaro Jambi, (BIN) – Sesuai keputusan Camat Sungai Bahar Selatan Nomor : 29 Tahun 2014, Desa Tanjung Lebar ditunjuk sebagai tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)ke-V, tahun 2014.

MTQ ke V ini dibuka oleh Asisten I Drs. Budhi dan hari ketiga ditutup oleh Camat Sungai Bahar Selatan Tusiyem SE, diikuti 10 Desa yang ada di Kecamatan Sungai Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi dibuka pada hari Sabtu (8/11-2014), berlokasi di lapangan Sekolah Sekolah Dasar yang ada di Kompleks Perumahan Karyawan PTP Nusantara VI, Kebun Plasma Tanjung Lebar (Persero).

Pantauan Media BIN, MTQ berjalan dengan baik, sekalipun sejak pembukaan sampai penutupan acara selalu diguyur hujan namun para peserta dan para hakim/juri tidak mengurangi semangat dalam mengikuti lomba demi Lomba.

Menurut Kepala Desa Tanjung Lebar Edi, biaya yang sudah habis mencapai Rp 192.298.000, dan sekitar 60% dibantu Ir.A.Saragi yang menjabat Manager Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTP Nusantara VI Tanjung Lebar, sedangkan Komsumsi dari Kebun Inti PTP Nusantara VI Tanjung Lebar dengan Manager Ir.Sulistio. Sedangkan dari Bupati Muaro Jambi membantu Rp 5 juta yang diserahkan oleh Drs. Budhi Sebagai Asisten I.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada segenap Karyawan dan Staf serta para Manager dan juga segenap pimpinan dari Kantor Direksi PTP Nusantara VI Jambi atas bantuannya dibidang Lokasi Tempat berjalannya MTQ ke V, bantuan tenaga dan juga bantuan uang,” ujar Kades Edi.

Semula, menurut Kades Edi, ia merasakan ada keraguan tentang dana untuk biaya MTQ tersebut. Mungkin Edi melihat keadaan para warganya yang masih banyak yang ekonominya sangat miskin sebab wara warganya yang tinggal di Desa Tanjuyng Lebar dan juga warganya yang ada di Dusun Sungai Beruang warga lokal Suku Anak Dalam (SAD).

Dalam kata sambutan Kades Edi sempat menyinggung tentang pembangunan Jalan ke Desa Tanjung Lebar selama Bupati Burhanuddin Mahir SH, sudah hampir 10 tahun menjadi Bupati Muaro Jambi, jalan ke Desanya tidak pernah tersentuh perbaikan jalan yang mengakibatkan jalan berlobang besar. Adapun selama ini yang memperbaiki jalan serta yang memperbaiki penghidupan warganya sebagai Suku Anak Dalam (SAD), terbukti telah memberikan Kabun Kelapa Sawit seluas 2 Ha per KK. Bupati Burhanuddin Mahir SH, akan selesai masa tugasnya pada awal tahun 2016 nanti, “apakah Pemkab Muaro Jambi memperhatikan Desa yang tertinggal seperti Desa Tanjung Leber ini ?”

Sebagai susunan kepenitiaan MTQ ke-V panitia pelaksana yaitu Ketua umum dipegang Kepala Desa Edi Ramsi, Ketua satu Samadi SPd, Wakil Ketua Hugeng Laksamana, Sekretaris I Salimin SPd, Sekretaris II Jumiati, dan Bendahara Qodim Ismail.

Sedangkan seksi Sekretariat dipegang oleh Pardamean Rambe sebagai Ketua, serta anggota Drs.Admun, Asnawi SH, Ichsanudin, H. Maraimom Hasibuan, Budi Wantono, Riski Mega Saputra, Suprihatin, Febriyanti, Diana Sari, Emi Nurtkayatun. Sementara Seksi Pendanaan M.Syaham Suheri sebagai ketua dan anggotanya terdiri dari Idham Suheri, Sukri, Kadus 1 s/d 5, Ketua RT 1 s/d 19. Seksi Upacara dpegang oleh Rahmad SE, SPd sebagai ketua, dan anggota Saumardiono, Suhenda One Saputra, Seksi Keamanan Junaedi dengaan anggota Keaamanan PTP Nusantara VI Tanjung Lebar.

Seksi Humas oleh Irawan sebagai ketua, dengan anggota Supardal, Rustam Efendi. Sementara seksi komsumsi dipegang oleh Yusmi dibantu Ibu-ibu PTPN VI. Seksi Dokumentasi: Topik Damanik, Seksi Bazar: LIlik, PTP Nusantara VI. Penerima Tamu: H.Sumijan, Jaaini, Kasman, dan Tugino.

Pada hari yang ketiga, Senin (11/11/2014) Camat Sungai Bahar Selatan dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk memperluas syiar Islam dipandang perlu melaksanakan seni baca Al-Qur’an melalui Musabaqoh Tilawati Qur’an (MTQ) V tingkat Kecamatan Sungai Bahar Selatan. Camat juga mengucapkan terima kasihnya kepada masyarakat Tanjung Lebar dan juga kepada Pimpinan/Manager Karyawan PTP Nusantara VI, atas apartisipasinya dan bantuannya baik berupa material. “Semoga Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang senantiasa memberkati semua warga Tanjung Lebar,” tandasnya. (JHP/Toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *