Tebu “Pola Tanom Reubah” Temuan Tarmizi A. Gani Mulai Dapat Sambutan

Tengku Anwar (Imum Gampong)menunjukkan Pengembangan Tebu dengan Pola Tanom Reubah Temuan Tarmizi A. Gani mulai mendapat sambutan (Foto, Dok,Tarmizi A. Gani)
Tengku Anwar (Imum Gampong)menunjukkan Pengembangan Tebu dengan Pola Tanom Reubah Temuan Tarmizi A. Gani mulai mendapat sambutan (Foto, Dok,Tarmizi A. Gani)

ACEH, (BIN) – Pengembangan Tebu Pola Tanom (tanam) Reubah yang di temukan Tarmizi A. Gani salah seorang aktivis pertanian dan peternakan yang pernah mendapat pendidkan SMA di Darussadah Teupin Raya, Pidie dan sempat menjani kehidupan di Denmark, ternyata kini mulai mendapat sambutan dari masyarakat.

Kunjungan Ketua Pemuda Tani Indonesia HKTI Aceh Tarmizi A. Gani sendiri ke lokasi penanaman tebu milik Tgk. Bukhari seorang pimpinan balai pengajian Tengku di Perinteng, Gampong (Desa) Ruseb Ara, Kecamatan Jangka, Bireuen, Aceh, rabu 15 oktober 2014, membuat rasa terharu, karena ternyata apa yang pernah di sampaikan kepada Tgk Bukhari dan warga dalam sebuah pertemuan belum lama ini benar – benar di coba dan di laksanakan adanya.

“Alhamdulillah, tebu saya cukup bagus,” ungkap Tgk. Bukhari kepada Tarmizi A. Gani yang sebelumnya tidak terpikir akan ada orang Aceh yang ikut mengembangkan “Tebu Pola Tanom Reubah” temuannya yang kemudian dipelopori di awal kembalinya dari Denmark, salah satu negara Skandinavia yang menjadi anggota Eropa.

“Sebagai penemu dan pencetus atau bisa dikatakan inisiator, saya tentu cukup senang dengan fonomena ini, semoga semakin ramai orang Aceh meniru kreatifitas Tgk. Bukhari dalam memanfaatkan lahan kosong,” ungkapnya, sehingga ikut menambah pendapatan keluarga mereka.

Secara ekonomis, Tebu Pola Tanom Reubah diyakini cukup membanggakan, dan bagi yang memiliki lahan – lahan kecil di samping rumah juga bisa ditanami tanaman tersebut. “kita berharap Pola Tanom reubah ini terus menjadi salah satu alternatif cara menanam tebu di Indonesia, khusnya di Aceh,” tandasnya.(Hasbi/mukarram)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment