Nonton Bareng Pelantikan Jokowi, Latihan Demokrasi Bagi Pelajar

image001KENDAL, Jateng, (BIN) – Kegiatan nonton bareng pelantikan Presiden Indonesia yang baru, Joko Widodo‎ dan Jusuf Kalla di Pendapa Kabupaten Kendal pada Senin siang, 20/10) dipadati pengunjung. Sebagian besar hadirin merupakan siswa SMP dan SMA serta mahasiswa. Mereka merupakan anggota OSIS dan BEM yang memang ditunjuk sekolah masing-masing untuk menyaksikan prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden.

Di hadapan dua layar besar, para pelajar tersebut disambut oleh Kabag Humas Pemkab Kendal Heri Wasito. Untuk mencairkan suasana humas pengkab Heri Warsito tersebut memberikan tanya jawab kepada beberapa siswa yang mengikuti nonton bareng pelantikan Presiden dan Wakil Presiden salah satu pertayaan yang di lontar kepada siswa”, siapa yang tahu apa fungsi presiden? Seorang siswa bernama Arsyad lalu mengacungkan jari.

“Presiden bertugas untuk mewujudkan tujuan nasional, yaitu memakmurkan rakyat dan menjaga perdamaian demi persatuan Indonesia,” serunya.

Sementara Bupati Widya Kandi Susanti sendiri memaparkan, Jokowi merupakan tokon inspiratif dengan prestasi yang diraihnya. Mulai dari menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya terpilih menjadi presiden.

“Anak-anak harus terinspirasi dengan perjalanan beliau. Berawal dari rakyat biasa, pengusaha, kemudian Walikota Solo, Gubernur DKI, dan sampai menjadi orang nomor satu di Indonesia,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Muryono menambahkan, menonton pelantikan presiden terpilih juga berguna sebagai upaya pembelajaran demokrasi yang baik bagi para siswa.

“Siswa yang hadir di sini belum memiliki hak pilih pada pilpres lalu, namun pada Pilkada Kendal tahun depan mereka kemungkinan bisa memilih karena usianya sudah 17 ke atas. Untuk itu, perlu adanya pembelajaran demokrasi sejak sekarang,” tandasnya.(eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *