Kapal Barang Tertangkap Basah Warga Boul, Isi BBM Bersubsidi

ilustrasi kapal isi BBMBoul-SULTENG, (BIN) – Sebuah kapal barang bernama KM DAN didapati mengisi bahan bakar BBM jenis solar bersubsidi sebanyak 4550 liter /4,55 ton, namun berhasil digagalkan warga, dan sisa barang bukti berupa 26 jerigen dan mobil semi truk HiLux DN 8075 F kini telah diamankan di halaman Polres Buol. Selasa, (13/10) Pukul 20.05 WITA.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil investigasi wartawan BIN di lapangan, KM DAN tersebut tiba dari Makassar (2/10) bermuatan barang jenis semen 1,550 ton dan tiang pancang 200 Ton dan (13/10) akan berangkat ke Riringkasi. Sementara itu, Nahkoda Kapal bernama Bustaman Bin Mada dengan 13 ABK (Alamsyah – Mualim I ; Aswar Asri Mualim II ; Nasrullah KKM ; Muhammad Yasin – Masinis II ; Riswan – Juru Mudi ; Makmur, Damriadi, Askar Lakudu – Juru Minyak ; Musairin – S Ruang ;  Arianto Open Crème ; Akbar, Wahtudin,  Irwan – Kelasi).

Masih berdasarkan data diatas, pemilik kapal diketahui kemudian bernama Christian Budiman alias Ongko, beralamatkan Kabupaten Buol.

Menurut keterangan warga yang namanya enggan disebutkan itu mencuriegai pendistribusian BBM dengan mengunakan sejumlah jerigen yang berisikan 35 liter per jerigen yang dinaikkan ke atas kapal.

“ Saya curiga ada kapal isi BBM solar pakai jerigen dan dimuat dengan mobil Hi Lux,” kata warga itu.

Lalu ia bersama warga lain langsung menangkap tangan kegiatan tersebut dan menggiring sisa barang bukti tersebut ke kantor polisi. Setelah sebelumnya sebanyak 4 mobil dengan jenis dan muatan yang sama didistribusikan ke atas kapal KM DAN.

Nahkoda kapal beralasan BBM jenis solar itu akan digunakan sebagai bahan bakar kapal, namun ia tak dapat menunjukkan dokumen resmi berupa faktur atau surat jalan SPP (surat pengantar pengiriman) dari Depo Pertamina Tolitoli.

Ketika di halaman Malpolres Kabupaten Buol, tak satu pun pihak yang berkompeten bisa ditemui dan tidak berada di tempat sama sekali, termasuk semua Perwira dan Kapolres Buol. Sehingga belum bisa dikonfirmasi. (Maikel Cokro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *