BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Dewan Donggala 2009-2014, Hasilkan 46 Perda

spktDONGGALA (BIN) – Sejak Tahun 2009 -2014, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala, yang beranggotakan 30 orang, telah menjalankan tugas dan kewenangannya, dengan menghasilkan produk, berupa 46 buah Peraturan Daerah (Perda). Demikian kata Ketua DPRD Kabupaten Donggala, Masa Bhakti 2009-2014, Ahmad S. Mardjanu, SH, pada Pembukaan Rapat Paripurna Istimewa, dengan Acara Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Donggala, Masa Bhakti 2014-2019, Sabtu (30/8).

Selain itu, kata Ahmad Mardjanu lagi, DPRD Kabupaten Donggala yang saya pimpin lima tahun lalu, menghasilkan pula produk, berupa 98 buah Keputusan Dewan dan 47 buah Keputusan Pimpinan Dewan.
Sedangkan kegiatan DPRD Kabupaten Donggala, yang berupa rapat-rapat, ujar Ahmad Mardjanu, telah melakukan Rapat Paripurna Biasa, sebanyak 206 kali, Rapat Paripurna Khusus, sebanyak 17 kali dan Rapat Paripurna Istimewa, sebanyak 39 kali serta Sidang-sidang Komisi (Komisi I, II dan III), sebanyak 139 kali. “Dan yang tidak kalah pentingnya, DPRD Kabupaten Donggala, telah melakukan fungsinya, sebagai Penampung Aspirasi, dengan menerima Kunjungan dan Penyampaian Aspirasi, dari masyarakat Kabupaten Donggala,” pungkas Ahmad Mardjanu.

Pada bagian lain, Ahmad Mardjanu mengatakan, bagi Anggota DPRD Kabupaten Donggala yang akan purna tugas, patut bersyukur, karena amanah sudah di emban dan tanggung jawab telah dilaksanakan. “Kita tidak perlu kecewa atau pesimis, karena jabatan bukanlah warisan yang harus dipertahankan. Dia akan datang silih berganti, bagi orang yang ditentukan,” pesan Ahmad Mardjanu.

Berdasarkan data yang diperoleh, dari 30 Anggota DPRD Kabupaten Donggala, Masa Bhakti 2009-2014, hanya 8 orang saja Anggota DPRD Donggala tersebut yang dilantik kembali menjadi Anggota DPRD Kabupaten Donggala, Masa Bhakti 20014-2019, antara lain, Namrud Mado, S. Sos (Mantan Wakil Ketua I, dari PPP), Muh. Nasir, S. Sos (Mantan Wakil Ketua II, dari Partai Demokrat), Ir. A. Sofyan Yotolembah, MSi dan Moh. Aswan M. Da’Ali, SH (dari Partai Golkar), Machmud P. Tahawi (dari PDIP) dan Mesra Kalalo, SH (dari Partai Hanura), Sedangkan Ahmad S. Mardjanu, SH, Mantan Ketua, tidak dilantik kembali sebagai Anggota DPRD Kabupaten Donggala, Masa Bhakti 2014-2019.

Kalau dilihat dari gender, dari 30 Anggota DPRD Kabupaten Donggala, Masa Bhakti 2014-2019 yang baru saja dilantik, hanya 2 orang Perempuan, yakni Mesra Kalalo, SH (dari Partai Hanura) dan Nurjanah (dari PAN). Hal ini jauh dari target 30 persen Perempuan, yang harus duduk sebagai Anggota Dewan. (TIM BIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *