BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Jawa Barat Penyumbang Terbesar Produksi Teh Nasional

Nur Fajar P
Nur Fajar P
Bandung-BIN, Indonesia telah lama dikenal sebagai penghasil teh ,dari Indonesia memiliki kualitas layak ekspor sehingga menjadi salah satu komoditas unggulan nasional.
Jawa Barat merupakan provinsi penghasil teh terbesar di Indonesia. Lebih dari 70 % produksi teh nasional di hasilkan di wilayah ini . oleh karena itu, teh merupakan salah satu komoditas unggulan di jawa Barat setelah kopi.
Luas areal perkebunan mencapai 109.000 hektare atau 70% dari luas areal perkebunan teh tersebar di kabupaten Bandung Barat. Subang, Garut, Sumedang, Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya Purwakarta ,Cikalong Wetan, Gunung Halu, Majalengka, Ciamis Cililin, Kabupaten Bogor, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Sukabumi. Kabupaten Bandung adalah penghasil teh utama di Jabar Cikalong Wetan, sekitar 42% produksi teh di jawa Barat di hasilkan oleh kabupaten ini.

Areal tanaman teh terbesar di kecamatan Pangalengan, Ciwidey, Cipendeuy, Cikalong Wetan dan Pasir Jambu. Sementara kabupaten Bandung Barat menyumbang 10% produksi teh untuk Jabar, areal garapanya terkonsentrasi di kecamatan Cikalong Wetan di tujuhdesa ,yaitu desa Cipada ,Ciptagumati, Mekarjaya, Ganjar Sari Mandalasari Ganasoli Wangunjaya dan Mandala Mukti.
Kepala dinas pertanian, perkebunan dan kehutanan kabupaten Bandung Barat, Ir.Hari karyawan mengatakan teh di kelompokan berdasarkan tingkat oksidasinya, ada empat jenis ,yaitu teh hitam (Black tea),teh olong,teh hijau (green tea)dan teh putih (white tea), dan Ir.Hari karyawan menjelaskan,teh hitam mudah di kenali dipasaran karena warnanya hitam dan paling banyak di konsumsi.
Ir.Hari karyawan melanjutkan, ada beberapa jenis minuman teh yang dikenal di seluruh dunia ,setiap teh di peruses dengan cara yang berbeda sehingga sedikit banyak berbeda dalam hal kandungan nutrisinya, jenis-jenisnya adalah teh hijau ,teh hitam,teh herbal ,teh putih,teh felavored,dan teh hitam,
“teh herbal secara teknis bukanlah teh karena tidak dibuat dari daun tanaman camellia sinensis. Teh herbal dibuat dari daun, akar biji, kulit kayu,dan bunga tanaman lain yang berkhasiat obat,sementara teh flavored adalah teh yang di bumbui rempah-rempah,bunga dan aroma,”ucapnya.
Secara umum, kata Ir.Hari karyawan teh sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat anti stress dan anti cemas mencegah berat badan berlebih, merampingkan pingang, memperlambat panuaan, melindungi liver mencegah kanker, meningkatkan kesehatan gigi.
Selain itu ,teh juga baik untuk penderita diabetes,meringankan sakit kepala anti alergi ,meringankan sembelit, menjaga keseimbangan cairan, menigkatkan kesehatan kulit, mencegah batu ginjal, kaya antiosi dan menjaga tekanan darah, meningkatkan kualitas tulang, menyehatkan mata, dan meningkatkan metabolisme.
Bahkan hasil penelitian baru menyebutkan, teh putih seri klon gelembung terbukti memliki antioksi dan tertinggi di dunia , kelebihan tersebut menjadikan komoditas ini memiliki khasiat sebagai pencegah penyakit flu burung pada manusia . (Nur fajar pratama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *